Willingness to Pay Konsumen terhadap Tenun Ikat Sikka
MARIA MEI IKA Y, 1. Gumilang Aryo Sahadewo, M.A., Ph.D, 2. Dr. Evi Noor Afifah, M.S.E
2021 | Tesis | Magister Ekonomika PembangunanTenun ikat Sikka merupakan warisan budaya bangsa yang perlu dilestarikan ditengah kemajuan industri tekstil. Penelitian ini menganilisis WTP konsumen terhadap tenun ikat Sikka dengan metode discrete choice experiment (DCE) yang merupakan metode preferensi yang dinyatakan berdasarkan atribut pada setiap alternatif pilihan yang diberikan pada responden dalam survei kuesioner baik secara online maupun offline. Terdapat tiga atribut yang merupakan variabel bebas dalam penelitian ini yaitu motif, warna dan harga tenun ikat Sikka yang dianalisis dengan regresi conditional logit. Hasil penelitian ini adalah motif tenun ikat tidak berpengaruh terhadap keinginan membayar konsumen. WTP terhadap tenun ikat Sikka dipengaruhi oleh interaksi variabel warna biru dengan penghasilan dan warna hitam dengan pekerjaan konsumen. Temuan penelitian ini menunjukan WTP konsumen tenun ikat Sikka tidak dipengaruhi oleh harga tenun, melainkan dipengaruhi oleh preferensi konsumen sesuai dengan utilitasnya.
Sikka ikat weaving is an national cultural heritage that must be protected as the textile industry expands. This study uses the discrete choice experiment (DCE) method to determine customers willingness to pay (WTP) for Sikka ikat weaving. The DCE method is a preference approach that is stated based on the attributes of each alternative choice given to respondents in an online and offline questionnaire survey. In this study, there are three independent variables: the motifs, colors, and prices of the Sikka ikat weaving, which were analyzed using conditional logit regression. The result of this research is that the ikat motif has no effect on consumers WTP. The WTP on Sikka ikat weaving is influenced by the interaction of the blue color variable with income and the black color with the consumers occupation. The finding of this study is that the WTP of Sikka ikat weaving consumers is impacted by consumer choices based on utility rather than the price of weaving.
Kata Kunci : WTP, tenun ikat Sikka, discrete choice experiment