Laporkan Masalah

RENCANA BISNIS BEAUTIFUL MIND COFFEE DENGAN TEMA PSIKOLOGI

ALDI UNANTO, Bayu Sutikno, S.E., M.S.M., Ph.D.,

2021 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Industri Makanan dan Minuman mampu tumbuh sebesar 7,91%, dan 8% pada tahun 2019. Bahkan di tengah tekanan berat akibat dampak pandemi Covid-19, berdasarkan data BPS pada triwulan II-2020, Industri Makanan dan Minuman tumbuh sebesar 0,22% secara tahunan (YoY). Pada industri olahan kopi sendiri, menurut Dewan Kopi Indonesia (Dekopin) terdapat peningkatan konsumsi jenis Arabika dan Robusta di dalam negeri dengan pertumbuhan 8% tiap tahun seiring dengan berkembangnya bisnis kopi di Indonesia. Sementara itu di sisi lain, berdasarkan data Kementerian Kesehatan Indonesia masyarakat pada daerah padat penduduk rentan terkena depresi. WHO juga menyebutkan, anak-anak muda khususnya yang terlahir di Generasi Z saat ini lebih rentan mengalami gangguan kesehatan mental terlebih pada masa itu merupakan waktu di mana banyak perubahan dan penyesuaian yang terjadi pada diri seorang manusia. Hal ini diperparah karena buruknya kesadaran masyarakat dan kurangnya edukasi akan pentingnya penanganan isu kesehatan mental. Masih banyak kepercayaan dan stigma yang keliru akan kondisi kesehatan jiwa di Indonesia. Beautiful Mind Coffee adalah sebuah coffee shop dengan tema psikologi. Beautiful Mind Coffee bekerjasama dengan psikolog dan mitra lain yang terkait untuk menawarkan produk minuman kopi dan non-kopi serta layanan psikologi. Seluruh detil pada Beautiful Mind Coffee dibangun dengan tujuan mengedukasi masyarakat secara luas akan pentingnya penanganan isu kesehatan mental. Produk, promosi, dan branding dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadikan Beautiful Mind Coffee berbeda dengan bisnis coffee shop lain. Untuk merancang rencana bisnis dan menilai kelayakannya, diperlukan sebuah penelitian. Penelitian dilakukan degan melakukan wawancara kepada psikolog, dan pelaku bisnis di industri sejenis. Selain itu dilakukan juga penyebaran kuesioner kepada 183 responden. Berdasarkan hasil wawancara, rencana bisnis ini tervalidasi baik untuk dilakukan sebagai media edukasi dan peneliti juga mendapat informasi-informasi yang diperlukan untuk membangun bisnis. Selain itu berdasarkan hasil penyebaran kuesioner, dapat diketahui bahwa 77% responden masuk kategori kasus pada kesehatan mentalnya, 68,3% mengatakan penting untuk melakukan penanganan kesehatan mental, 34% responden belum teredukasi dengan baik, dan nilai mean pada minat responden terhadap coffee shop dengan tema psikologi menunjukkan ketertarikan yang tinggi. Investasi awal yang dibutuhkan oleh Beautiful Mind Coffee adalah sebesar Rp107,417,000. Dengan menggunakan discounted rate sebesar 10%, bisnis Beautiful Mind Coffee memiliki NPV positif sebesar Rp94,987,784, IRR sebesar 44%, dan Break Even Point selama 1,911 tahun.

The Food and Beverage Industry was able to grow by 7.91%, and 8% in 2019. Even in the midst of heavy pressure due to the impact of the Covid-19 pandemic, based on BPS data in the second quarter of 2020, the Food and Beverage Industry grew by 0.22% on an annual basis (YoY). In the coffee processing industry itself, according to the Dewan Kopi Indonesia (Dekopin) there is an increase in domestic consumption of Arabica and Robusta with a growth of 8% per year in line with the evolve of the coffee business in Indonesia. Meanwhile on the other hand, based on data from the Indonesian Ministry of Health, people in densely populated areas are prone to depression. WHO also said that young people, especially those born in Z Generation, are currently more susceptible to mental health disorders, especially at that time, which is a time where many changes and adjustments occur in a human being. This is exacerbated by poor public awareness and lack of education on the importance of handling mental health issues. There is still a lot of wrong belief and stigma about mental health conditions in Indonesia. Beautiful Mind Coffee is a coffee shop with a psychology themed. Beautiful Mind Coffee collaborates with psychologists and other related partners to offer coffee and non-coffee beverage products and psychological services. All the details in Beautiful Mind Coffee were built with the aim of educating the wide public about the importance of handling mental health issues. Products, promotions, and branding are shaped in such a way that makes Beautiful Mind Coffee different from other coffee shop businesses. To design a business plan and assess its feasibility, research is needed. The research was conducted by conducting interviews with psychologists, and business owner in similar industries. In addition, questionnaires were also distributed to 183 respondents. Based on the results of interviews, this business plan is well-validated to be used as an educational medium and researchers also get the information needed to build a business. In addition, based on the results of distributing questionnaires, it can be seen that 77% of respondents fall into the case category in their mental health, 68.3% say it is important to treat mental health, 34% of respondents have not been well educated, and the mean value of respondents' interest in coffee shop with a psychology theme showed high interest. The initial investment required for Beautiful Mind Coffee is IDR 107,417,000. By using a discounted rate of 10%, the Beautiful Mind Coffee business has a positive NPV of IDR 94,987,784, IRR of 44%, and a Break Even Point for 1,911 years.

Kata Kunci : coffee shop, psikologi, kesehatan mental, psychology, mental health

  1. S2-2021-447681-abstract.pdf  
  2. S2-2021-447681-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-447681-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-447681-title.pdf