PENGARUH ARTIS KOREA SEBAGAI BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA D3 BAHASA KOREA UNIVERSITAS GADJAH MADA ANGKATAN 2018
ANINDYA CHITRA NAOMI, Yuni Wachid Asrori S.S., M.A.
2021 | Tugas Akhir | D3 BAHASA KOREABanyak masyarakat Indonesia kagum dengan Korea Selatan atas artis-artisnya yang terkenal dan memiliki nama yang besar di Indonesia. Hal tersebut berhasil membuat artis Korea menjadi seorang brand ambassador untuk produk Indonesia. Oleh karena itu, perlu diteliti lebih mendalam mengenai bagaimana pengaruhnya peranan artis Korea yang telah dipilih menjadi brand ambassador. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh artis Korea yang dipilih sebagai brand ambassador suatu produk terhadap minat beli mahasiswa D3 Bahasa Korea Universitas Gadjah Mada angkatan 2018 serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Selain itu, penelitian ini pun ditujukan untuk mengetahui bagaimana cara seorang artis Korea tersebut dalam mengiklankan produk dan bagaiman dampaknya terhadap produk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner, studi pustaka, dan analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa artis Korea yang menjadi brand ambassador produk Indonesia mempengaruhi minat beli sebagian besar mahasiswa D3 Bahasa Korea. Namun tidak hanya minat belinya yang terpengaruhi, hasil penelitian juga mengungkap fakta bahwa responden telah terpengaruh hingga tahap pembelian produk. Dengan berdasar pada faktor utama yang mempengaruhi minat beli yang dilihat pada dimensi dari brand ambassador visibility (kepopuleran), credibility (kredibilitas), attraction (daya tarik) dan power (kekuatan). Selain pengaruh dari faktor utama, faktor yang paling mempengaruhi minat beli responden adalah faktor kualitas dari produk yang diiklankan. Ada pula faktor lainnya yang turut serta mempengaruhi minat beli reponden antara lain yaitu faktor harga, kesediaan barang, brand/merek, kemasan, acuan, lingkungan, dan stimuli pemasaran.
Many Indonesians are impressed by South Korea as its famous celebrities have great names in Indonesia. This has successfully made Korean artists become brand ambassadors for Indonesian products. Therefore, it is necessary to further explore the influence of the role of Korean artists who have been chosen as brand ambassadors. The aims of this graduating paper is to find out how the influence of Korean artists who were chosen as brand ambassadors of a product on the purchase ability of Korean Language students at Gadjah Mada University batch 2018 and the factors influencing it. In addition, this research is also intended to find out how a Korean artists advertise the products and how the advertisements affect the product. This research uses qualitative and quantitative methods with data collection using questionnaires, literature studies, and analysis. The results of this research show that Korean artists as brand ambassadors of Indonesian products has successfully increased the purchase intention and ability of most Korean language diploma III students. Based on the main factors that influence purchase intention seen in the dimensions of brand ambassador visibility, credibility, attraction, and power. In addition to the influence of the main factor, the factor that most influences the respondent's purchase intention is the quality factor of the advertised product. Other factors also influence respondents' purchase intention, including price, availability of goods, brands, packaging, references, environment, and marketing stimulants.
Kata Kunci : brand ambassador, minat beli, iklan, artis Korea.