Laporkan Masalah

STRATEGI KOLABORASI DI INDUSTRI OTOMOTIF Studi Kasus: PT TATA MOTORS INDONESIA

FRANANDA SJ, Hargo Utomo, Dr., M.B.A

2021 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Penelitian ini bertujuan untuk memformulasi strategi kolaborasi perusahaan di industri otomotif Indonesia, identifikasi arena dan potensi kolaborasi dan menyiapkan rencana implementasi strategi kolaorasi yang berfokus studi pada PT Tata Motors Indonesia. Penelitian akan menjabarkan faktor-faktor utama yang perlu dianalisis dalam merencanakan strategi kolaborasi di industri otomotif Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif berdasarkan data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap narasumber dan internal perusahaan. Data primer yang akan digunakan adalah data yang langsung diterima dari hasil wawancara dengan narasumber di PT Tata Motors Indonesia. Data sekunder yang digunakan diperoleh dari literatur dan hasil studi terdahulu. Penelitian ini menggunakan analisis diamond strategy yang mana penulis mengidentifikasi setiap elemen dari diamond strategy pada PT Tata Motors Indonesia yang menjadi faktor-faktor utama yang akan dianalisis dalam menjalankan strategi kolaborasi di industri otomotif Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memformulasikan strategi kolaborasi yang tergolong kolaborasi horizontal, peneliti menganalisis elemen pada diamond strategy pada PT Tata Motors Indonesia yang menjadi dasar dalam melakukan strategi kolaborasi dan memilih rekan kolaborasi yang tepat untuk memaksimalkan potensi keuntungan kolaborasi. Faktor arena berfokus pada penentuan area geografis perusahaan akan aktif. Perusahaan melalui faktor differentiator menentukan pembeda utama dibanding pesaing, melaksanakan strategi kolaborasi pada faktor staging, melakukan pengembangan internal dan strategi kolaborasi pada faktir vehicle dan economic logic yang berorientasi pada tujuan keuntungan ekonomis bagi kedua perusahaan

This research aims to formulate a corporate collaboration strategy in the Indonesian automotive industry, identify the arena and potential for collaboration and prepare the implementation plan of collaboration strategy at PT Tata Motors Indonesia. The research will describe the main factors that need to be analyzed in planning a collaborative strategy in the Indonesian automotive industry. This study uses descriptive qualitative research methods based on primary and secondary data obtained through in-depth interviews with sources and internal companies. The primary data that will be used is data that is directly received from the results of interviews with sources at PT Tata Motors Indonesia. The secondary data used were obtained from the literature and the results of previous studies. This study uses a diamond strategy analysis in which the authors identify each element of the diamond strategy at PT Tata Motors Indonesia which is the main factors that will be analyzed in carrying out a collaborative strategy in the Indonesian automotive industry. The results show that in formulating a collaboration strategy that is classified as horizontal collaboration, the researcher analyzes the elements in the diamond strategy at PT Tata Motors Indonesia which is the basis for carrying out a collaboration strategy and chooses the right collaboration partner to maximize the potential benefits of collaboration. The arena factor focuses on determining the geographic area the company will be active in. The company through differentiator factors determines the main differentiator compared to competitors, implements a collaboration strategy on the staging factor, carries out internal development and collaboration strategies on the vehicle factor and economic logic that is oriented towards the goal of economic benefits for both companies.

Kata Kunci : Strategi Kolaborasi, diamond strategy, arena, staging, vehicle, differentiation, economic logic

  1. S2-2021-447740-abstract.pdf  
  2. S2-2021-447740-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-447740-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-447740-title.pdf