ANALISIS KINERJA RUAS JALAN KUSUMANEGARA YOGYAKARTA
DIBYO GUMELAR AL' ARIGHI, Dr. Eng. Muhammad Zudhy Irawan, S.T., M.T.
2021 | Skripsi | S1 TEKNIK SIPILRuas jalan Kusumanegara merupakan ruas jalan ditengah kota Yogyakarta yang merupakan daerah komersil, akses utama menuju beberapa perkantoran seperti kantor Walikota Yogyakarta, juga akses menuju beberapa kampus yaitu Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, dan Universitas Islam Indonesia. Berdasarkan pengamatan ruas jalan ini juga sering terjadi kemacetan pada waktu-waktu tertentu dan diperlukan perhatian lebih agar tidak terjadi penumpukan kendaraan atau kemacetan yang lebih parah. Selain itu ruas jalan ini juga dekat pemukiman warga dengan akses kecil sehingga mengakibatkan hambatan ketika keluar-masuk menuju jalan utama. Untuk mengetahui kinerja ruas Jalan Kusumanegara dilakukan pengamatan dengan melakukan survei lapangan pada hari kamis 12 Maret 2020. Pengamatan dilakukan pada pukul 06.00-09.00 dan 15.30-18.00. Survei volume lalu lintas yang menjadi fokus pengamatan dan Panjang antrian yang dicatat per 15 menit. Analisis kinerja ruas jalan mengacu pada MKJI 1997 dan analisis kinerja ruas jalan dilakukan pada kondisi eksisting serta skenario (perubahan tipe jalan). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terhadap kinerja ruas Jalan Kusumanegara menunjukan bahwa terjadi kejenuhan pada ruas Jalan tersebut dimana angka derajat jenuh pada pagi hari yaitu 1,31 dan pada sore hari yaitu sebesar 1,41. Dengan kejenuhan tersebut maka dilakukan analisis skenario dimana skenario 3 dengan mengubah tipe jalan Kusumanegara menjadi jalan satu arah dengan 3 lajur yang akan mengurangi kejenuhan pada ruas Jalan Kusumanegara karena menghasilkan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,69 pada pagi hari dan 0,74 pada sore hari dimana standar yang ditetapkan untuk kelayakan suatu ruas Jalan adalah nilai derajat jenuh <1.
Jalan Kusumanegara section is a road in the middle of Yogyakarta city which is a commercial area, the main access to several offices such as the Yogyakarta Mayor's office, as well as access to several campuses, namely Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, and Universitas Islam Indonesia. Based on observations of this road, congestion often occurs at certain times and more attention is needed so that there is no accumulation of vehicles or more severe congestion. In addition, this road segment is also close to residential areas with small access, resulting in obstacles when going in and out of the main road. To determine the performance of the Jalan Kusumanegara section, observations were made by conducting a field survey on Thursday, March 12, 2020. Observations were made at 06.00-09.00 am and 03.30-06.00 pm. Survey of traffic volume which is the focus of observation and queue length recorded per 15 minutes. Analysis of road performance refers to MKJI 1997 and analysis of road performance is carried out on existing conditions and scenarios (changes in road type). Based on the results of the analysis conducted on the performance of the Jalan Kusumanegara section, it shows that there is saturation on the road section where the degree of saturation in the morning is 1.31 and in the afternoon is 1.41. With this saturation, a scenario analysis is carried out where scenario 3 by changing the type of Kusumanegara road to a one-way road with 3 lanes will reduce saturation on the Jalan Kusumanegara section because it produces a degree of saturation value of 0.69 in the morning and 0.74 in the afternoon where the standard set for the feasibility of a road section is the degree of saturation <1.
Kata Kunci : MKJI 1997, Jalan Kusumanegara, Kinerja Ruas Jalan, Kapasitas, Derajat Jenuh, Level of Service.