KONSUMERISME DALAM MAID CAFE BERDASARKAN TEORI KONSUMERISME JEAN BAUDRILLARD
YO ARISTANTO, Robi Wibowo, S.S., M.A.
2021 | Skripsi | S1 SASTRA JEPANGPenelitian ini meneliti tentang salah satu kafe yang populer di Jepang yaitu maid cafe beserta konsumerisme di dalamnya. Maid cafe adalah kafe yang para staf dan pelayannya bekerja memakai kostum pelayan. Maid cafe menyediakan pelayanan untuk pelanggan merasakan pengalaman sebagai majikan. Konsumen tetap maid cafe adalah otaku penikmat budaya populer Jepang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apa saja yang dikonsumsi konsumen maid cafe dalam maid cafe. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data-data pengakuan konsumen maid cafe dari forum internet dan media sosial. Data kemudian dikelompokkan berdasarkan konsep simulakra dari teori konsumerisme Jean Baudrillard. Setelah itu dicari nilai tanda yang melekat pada konsumsi maid cafe. Dari hasil analisis diketahui bahwa maid cafe merupakan dunia rekaan simulakra. Dalam dunia simulakra ini terjadi konsumsi terhadap segala aspek yang terdapat dalam maid cafe dan nilai tanda yang dihasilkan. Teknologi memunculkan maid cafe online yang dapat dikonsumsi kapan dan di mana saja. Konsumen maid cafe mengkonsumsi dunia rekaan hasil simulakra, nilai tanda, produk referensial teknologi, dan iklan.
This research will examine one of the popular cafes in Japan, the maid cafe and its consumerism. Maid cafe is a cafe where the staff and waiters work in maid costumes. Maid cafes provide services where the customer is considered the master. Regular customers of maid cafe s are otaku who enjoy Japanese popular culture. The aim of this research is to know what maid cafe consumers consume in maid cafe. Collecting data will be done by collecting data on maid cafe consumers confession from internet forums and social media. The data are then grouped based on the simulacra concept from Jean Baudrillard's theory of consumerism. After that, the sign value attached to the maid cafe consumption can be found. From the analysis, it is known that the maid cafe is an artificial world of simulacra. In this simulakra world, there is consumption of all aspects contained in the maid cafe and the result of sign values. Technology has facilitated online maid cafes that can be consumed anytime and anywhere. Maid cafe consumers consume the artificial world of simulacra, sign values, referential technology products, and advertisements.
Kata Kunci : Kata kunci: konsumsi, maid cafe, simulakra