PENGARUH TERMINAL VALUES DAN INSTRUMENTAL VALUES TERHADAP FASHION CONSCIOUSNESS DAN BEHAVIORAL INTENTIONS STUDI PADA KONSUMEN WANITA TOKO RITEL FESYEN DARING INDONESIA
Chanesa Sabitari, Drs. Teguh Budiarto, M.I.M.
2021 | Skripsi | S1 MANAJEMENPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terminal values dan instrumental values terhadap behavioral intentions pada toko ritel fesyen daring di Indonesia. Selain itu, dilakukan analisis lanjutan untuk melihat pengaruh mediasi dari fashion consciousness pada hubungan antara terminal values dan instrumental values dengan behavioral intentions. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan survei sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini mengambil target konsumen wanita yang pernah berbelanja di toko ritel fesyen secara daring minimal satu kali dalam enam bulan terakhir. Instrumen survei yang digunakan merupakan kuesioner yang bersifat self-reported. Kuesioner tersebut disebarkan kepada responden secara daring dan diperoleh data sebanyak 186 responden. Hasil analisis data menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diuji dalam penelitian ini didukung. Terminal values dan instrumental values terbukti memengaruhi behavioral intentions secara signifikan, fashion consciousness berpengaruh pada behavioral intentions, dan fashion consciousness berperan sebagai mediator hubungan antara terminal values dan instrumental values dengan behavioral intentions.
This study aims to analyze the effect of terminal values and instrumental values on behavioral intentions in online fashion retail stores in Indonesia. In addition, further analysis was carried out to see the mediating effect of fashion consciousness on the relationship between terminal values and instrumental values with behavioral intentions. The research method used is a quantitative method using a survey as a method of data collection. This study targets female consumers who have shopped at fashion retail stores online at least once in the last six months. The survey instrument used is a self-reported questionnaire. The questionnaire was distributed to respondents online and obtained data from 186 respondents. The results of data analysis indicate that all the hypotheses tested in this study are supported. Terminal values and instrumental values have been shown to significantly influence behavioral intentions, fashion consciousness influences behavioral intentions, and fashion consciousness acts as a mediator for the relationship between terminal values and instrumental values and behavioral intentions.
Kata Kunci : Terminal Values, Instrumental Values, Fashion Consciousness, Behavioral Intentions, Ritel Fesyen Daring.