LITERATURE REVIEW : ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PENYERAHAN BERKAS KLAIM BPJS RUMAH SAKIT DI INDONESIA
IKA AGUSTIN ATIKA P, Nuryati, S.Far., M.P.H
2021 | Tugas Akhir | D3 REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATANLatar Belakang : Keterlambatan penyerahan berkas klaim disebabkan karena ketidaklengkapan dokumen klaim sehingga pengajuannya melewati batas maksimal yaitu tanggal 10 bulan selanjutnya. Apabila terjadi keterlambatan dalam penyerahan berkas klaim, maka akan berdampak terhadap keterlambatan pembayaran klaim karena BPJS akan membayar klaim tersebut 15 hari setelah berkas klaim yang diajukan lengkap. Tujuan : Menganalisis proses klaim BPJS di rumah sakit seluruh Indonesia, menganalisis faktor penyebab keterlambatan penyerahan berkas klaim berdasarkan 5M (man, money, material, methode, dan machine), mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala keterlambatan penyerahan berkas klaim BPJS Metode : Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan menggunakan data sekunder dari jurnal yang terkait dengan keterlambatan penyerahan klaim. Penelitian ini menggunakan 16 jurnal yang telah di seleksi sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil : Alur klaim BPJS sudah sesuai dengan Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan 2014 dan Petunjuk Teknis Verifikasi Pengajuan Klaim 2014. Faktor penyebab tertinggi keterlambatan klaim berasal dari faktor man yaitu petugas yang kurang. Faktor penyebab tertinggi dari faktor material yaitu resume medis tidak lengkap. Faktor penyebab tertinggi dari faktor machine yaitu jaringan internet lemot. Faktor penyebab tertinggi dari faktor method yaitu tidak ada SPO. Faktor penyebab dari faktor money yaitu tidak mengetahui jumlah kerugian, kurangnya anggaran, dan biaya pembuatan SIMRS yang mahal. Upaya yang dilakukan petugas untuk mengatasi keterlambatan klaim ditinjau dari faktor penyebabnya yaitu berdasarkan faktor man, material, machine, method, dan money.
Background : Delay in submitting claim file due to incomplete claim document so the submission exceeds the maximum limit, that is every 10th of the month. If there is a delay in submitting the claim file, it will have an impact on the claim payment because BPJS will pay the claim 15 days after the claim file submitted is complete. Objective : Analyzing the BPJS claim process in hospital throughout Indonesia, analyzing the factor cause delay in submitting claim file based on 5M (man, money, material, method, and machine), and to knowing the effort to solve delay in submitting BPJS claim files problem. Methods :This study used a literature review method with secondary data from journal related in delay submission of claim. This study use 16 journal that have been selected according to inclusion and exclusion criteria. Results : The flow of BPJS claim is in accordance with the health service practical guidelines 2014 and technical guidelines for claim submission verification. The highest cause of delay submission from human factor is less officers. The highest from material factor is incomplete medical resume. The highest from machine factor is the slow internet network. The highest from method factor that there is no SPO. The contributing money factor are not knowing the amount of losses, lack of budget, and expensive SIMRS manufacturing costs. Effort to solve the problem viewed from the causal factor, there are man, material, machine, method, and money factor.
Kata Kunci : Keterlambatan penyerahan, klaim BPJS