Perbandingan Sosial dan Citra Tubuh sebagai Mediator antara Intensitas Penggunaan Instagram dengan Intensi Membeli Produk Fashion pada Mahasiswa
GABRIELLA WISTHATISNA, Acintya Ratna Priwati, S.Psi., M.A.
2021 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Instagram terhadap intensi membeli produk fashion dengan dimediasi oleh variabel citra tubuh dan perbandingan sosial. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini (N = 260) adalah mahasiswa di Yogyakarta yang berusia 18-24 tahun dan memiliki akun Instagram. Pengukuran untuk masing-masing variabel dilakukan dengan menggunakan Skala Intensitas Penggunaan Instagram (Taqwa, 2018), Skala Intensi Membeli (Barber, Kuo, Bishop, & Goodman, 2012), Upward and Downward Appearance Comparison Scale (UDACS; O'Brien, Caputi, Minto, Peoples, Hooper, Kell, & Sawley, 2009), dan Multidimensional Body Self Relation Questionnaire-Appearance Scale (MBSRQ-AS; Cash, 2000). Skala disebarkan secara online melalui berbagai media sosial. Analisis data menggunakan metode regresi mediasi menunjukkan hasil bahwa intensitas penggunaan Instagram berperan secara positif dan signifikan terhadap intensi membeli produk fashion, dan perannya semakin meningkat setelah ditambahkan variabel mediasi baik citra tubuh maupun perbandingan sosial.
This research was conducted to determine the effect of Instagram usage on users purchase intentions of fashion products mediated by body image and social comparison variables. Participants involved in this study (N = 260) were students in Yogyakarta aged 18-24 years and had an Instagram account. Measurement for each variable was done by using the Instagram Usage Intensity Scale (Taqwa, 2018), Purchase Intention Scale (Barber, Kuo, Bishop, & Goodman, 2012), Upward and Downward Appearance Comparison Scale (UDACS; O'Brien, Caputi, Minto, Peoples, Hooper, Kell, & Sawley, 2009), and Multidimensional Body Self Relation Questionnaire-Appearance Scale (MBSRQ-AS; Cash, 2000). These scales were distributed online trough various social media. The data analysed using mediation regression method shows the results that the intensity of Instagram usage has a positive and significant role on the purchase intention on fashion products, and the role increases after adding the mediating variables of body image and social comparison.
Kata Kunci : intensitas penggunaan Instagram, perbandingan sosial, citra tubuh, intensi membeli