Gaya Hidup Digital dan Willingness to Subscribe Spotify (Studi Etnografi Gaya Hidup Digital Mahasiswa dalam Berlangganan Spotify)
ADE RIZKY HAYDAR, Ardian Indro Yuwono, SIP. MA.
2020 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASIDewasa ini, fenomena terhadap aplikasi streaming musik berbasis online banyak sekali mengubah mengubah cara pandang masyarakat Indonesia untuk menikmati musik di era baru. Penggunaan aplikasi musik streaming tersebut sudah tidak jadi trend yang hilang begitu saja bagi kalangan mahasiswa, namun telah menjadi gaya hidup. Rumusan masalah dalam penelitian ini diawali tentang (1) bagaimana cara mahasiswa dalam mengkonsumsi aplikasi musik streaming Spotify (2) bagaimana gaya hidup digital mahasiswa dalam mengkonsumsi aplikasi musik Spotify serta (3) bagaiamana gaya hidup mahasiswa berpengaruh dalam mensubscribe aplikasi musik streaming spotify. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif etnografi yaitu mendiskripsikan dan menginterprestasikan budaya, kelompok sosial atau sistem dengan mengamati perilaku terhadap objek yang diamati. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian adalah (1) gaya hidup (2) gaya hidup digital (3) perilaku konsumen. Pendekatan teori dalam penelitian tersebut untuk menjawab rumusan masalah. Hasil dalam penelitian ini menujukkan bahwa penggunaan aplikasi spotify tidak lepas dari digital native karena seluruh aktivitas mahasiswa tidak lepas dari internet untuk berbagai kebutuhan termasuk mengkonsumsi musik. Penggunaan spotify dimaknai sebagai penggunaan internet untuk (1) entertainment-driven (2) interest-driven (3) need-driven. Pada prosesnya keputusan mensubscribe spotify merupakan evaluasi terhadap (1) psikomotor dan (2) post-behaviour.
Today, the phenomenon of online-based streaming musik applications has changed a the way people perceive music in the new era. This streaming musik application is no longer a trend that disappears among students but has become a lifestyle. The formulation of the problem in this study begins with (1) How students consume the Spotify music streaming application. (2) How the digital lifestyle of students in finishing the Spotify music application. (3) How does the student's lifestyle influence subscribing to the Spotify streaming music application. This study uses ethnographic qualitative research methods to describe and interpret culture, social groups, or systems by observing the object's behavior. The theoretical approach used in this research is (1) lifestyle (2) digital lifestyle (3) consumer behavior. The theoretical approach in this research is to answer the problem formulation. This study show that Spotify application cannot be separated from digital native, because all student activities cannot be separated from the internet for various needs, including consuming music. The use of Spotify is defined as the use of the internet for (1) entertainment-driven (2) interest-driven (3) need-driven. In the process, the decision to subscribe to Spotify is an evaluation of (1) psychomotor and (2) post-behavior.
Kata Kunci : Gaya Hidup, Aplikasi Musik Streaming, Spotify