Laporkan Masalah

Cool Japan Sebagai Strategi Dalam Mendukung Ekspor Produk Kreatif Jepang di Amerika Serikat

KEVIN HERVIAN P, Dra. Siti Daulah Khoiriati, MA

2020 | Skripsi | S1 ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL

Cool Japan adalah sebuah strategi dimana Jepang menjadikan budaya-budayanya yang beragam sebagai alat untuk mempromosikan negaranya. Misi Cool Japan sendiri adalah untuk mempromosikan berbagai budaya Jepang baik secara domestik maupun internasional. Dengan Cool Japan, Jepang secara fundamental melakukan ekspor budaya ke negara lain. Hal ini tidak hanya dapat menambahkan kesadaran dunia terhadap budaya Jepang, namun juga dapat memberikan peluang ekonomi melalui berbagai komoditas yang terpengaruhi oleh adanya budaya tersebut. Skripsi ini akan membahas bagaimana Cool Japan dapat berperan sebagai strategi untuk meningkatkan ekspor produk kreatif Jepang, khususnya di Amerika Serikat. Selain itu skripsi ini juga akan melihat bagaimana soft diplomacy berperan dalam dinamika industri kreatif dan persebaran pop culture Jepang. Untuk meneliti lebih dalam mengenai strategi Cool Japan, skripsi ini akan menggunakan konsep nation branding dan diplomasi budaya untuk melihat signifikansi Cool Japan dalam industri kreatif Jepang dan ekspor komoditasnya di Amerika Serikat.

Cool Japan is a strategy in which Japan uses its diverse cultures as a tool to promote its country. The mission of Cool Japan itself is to promote various Japanese cultures both domestically and internationally, fundamentally exporting its own cultures to other countries. This not only adds awareness to Japanese culture, but can also provide economic opportunities through various commodities that are affected by that culture. This thesis will discuss how Cool Japan can act as a strategy to increase the export of Japanese creative products, especially in the United States. In addition, this thesis will also look at how soft diplomacy plays a role in the dynamics of creative industry and the spread of Japanese pop culture. To examine more deeply about the Cool Japan strategy, this thesis will use the concept of nation branding and cultural diplomacy to see the significance of Cool Japan in the Japanese creative industry and its commodity exports in the United States.

Kata Kunci : Cool Japan, Soft Diplomacy, Nation Branding, Ekspor, Produk Kreatif, Pop Culture

  1. S1-2020-367542-abstract.pdf  
  2. S1-2020-367542-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-367542-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-367542-title.pdf