Laporkan Masalah

Membangun Komunikasi Dengan Pemangku Kepentingan (Studi Pengelolaan Hubungan Eksternal pada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Tahun 2011-2014)

ILMIA DEWIANALISNA, Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni, M.Si.;Drs. Widodo Agus Setianto, M.Si

2016 | Tesis | MAGISTER ILMU KOMUNIKASI

Komunikasi merupakan salah satu kunci bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasi baik dalam konteks organisasi swasta maupun instansi pemerintah. Komunikasi menjamin tersedianya informasi yang akurat dan dapat dipercaya, dan juga menciptakan hubungan baik dengan pemangku kepentingan. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil studi pengelolaan hubungan eksternal pada salah satu instansi pemerintah yaitu Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) dalam membangun komunikasi dengan pemangku kepentingannya. Penelitian ini menggambarkan metode yang digunakan dalam memetakan pemangku kepentingan dan strategi apa yang digunakan untuk menjalin komunikasi dengan pemangku kepentingan.

Communication is the key for an organization to achieve organizational goals both in private organizations and government agencies. Communication ensures reliable information and also builds positive relationships with stakeholders. The study was conducted by analyzing stakeholder management study in one of the government agencies, the Audit Board of the Republic of Indonesia (BPK RI), in building communication with its stakeholders. This study describes methods in stakeholders mapping and what communication strategies to engage with stakeholders.

Kata Kunci : strategi, komunikasi, pemangku kepentingan, pemerintahan

  1. S2-2016-339820-abstract.pdf  
  2. S2-2016-339820-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-339820-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-339820-title.pdf