Eksplorasi Proses Transfer Pengetahuan: Studi Kasus di Kantor Akuntan Publik
STEPFANIE SUSANTI N, Wuri Handayani, S.E., Ak., M.Si., M.A., Ph.D
2021 | Tesis | MAGISTER AKUNTANSITujuan - Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami proses transfer pengetahuan yang ada di Kantor Akuntan Publik (KAP) serta mengidentifikasi faktor yang mendukung proses transfer pengetahuan tersebut. Metode Penelitian - Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap auditor di KAP yang menjadi objek penelitian. Analisis dilakukan dengan menganalisis tema/deskripsi yang ditemukan dari hasil wawancara. Temuan - Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses transfer pengetahuan merupakan proses yang melibatkan baik sumber maupun penerima pengetahuan, yang saling mengisi, memberikan manfaat dan menjaga kompetensi auditor di KAP. Faktor utama yang mendukung kelancaran proses transfer pengetahuan di KAP adalah komunikasi yang baik serta kedekatan hubungan antar karyawan yang ada di KAP. Originalitas - Penelitian ini merupakan penelitian empiris dari paper konseptual Liyanage dkk. (2009), sehingga penelitian ini dapat menjadi tambahan bukti empiris bagi penelitian terkait proses transfer pengetahuan.
Purpose - The purpose of this study is to understand the knowledge transfer process in the Public Accountant Office (KAP) and to identify the factors that support the knowledge transfer process. Research Methods - The method used uses a qualitative approach by conducting in-depth interviews with auditors in KAP who are the object of research. The analysis was carried out by analyzing the themes / descriptions found from the interviews. Findings - The results of this paper showed that the knowledge transfer process is a process that involves both sources and recipients of knowledge, which complement each other, provide benefits and maintain the competence of auditors in KAP. The main factors that support the smooth process of knowledge transfer in KAP are good communication and the close relationship between employees in KAP. Originality - This study is an empirical study from the conceptual paper of Liyanage et al. (2009), so this research can provide additional empirical evidence for research related to the knowledge transfer process.
Kata Kunci : akuntansi manajemen, transfer pengetahuan, berbagi pengetahuan, studi kasus