Motivasi Khalayak dalam Penggunaan Blog Netizen Buzz (Survei Deskriptif pada Pembaca Blog Netizen Buzz di Indonesia)
ADILA SILMI, Lisa Lindawati, S.IP., M.A.
2021 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASIInteraktivitas pada media baru terwujud melalui adanya kolom komentar. Saat ini komentar tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi antara komunikator dan komunikan. Komentar diproduksi ulang dan dikonsumsi kembali menjadi sebuah konten yang baru. Netizen Buzz mengompilasi komentar terbaik dari warganet Korea Selatan dan dihadirkan kembali dengan bahasa yang lebih global. Penelitian ini mengambil konsep dasar dari teori Uses and Gratifications di mana audiens dipandang sebagai pengguna aktif, yang dengan sengaja menggunakan media untuk mencapai tujuan khusus. Penelitian ini adalah penelitian survei kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui motif audiens dalam penggunaan blog Netizen Buzz. Survei dilakukan terhadap 400 pengguna blog Netizen Buzz yang juga merupakan fans K-Pop di Indonesia. Hal dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga motif dasar yang dimiliki oleh audiens ketika menggunakan blog Netizen Buzz, adalah convenient information-seeking, convenient entertainment, dan social interaction.
Interactivity in new media is manifested through the comment column. Nowadays comments are not only used as a communication medium between communicator and communicant. Comments are reproduced and re-consumed as a new content. Netizen Buzz compiled the top comments from South Korean Netizens and brought them back through a more global language; english. The core theory of this research is Uses and Gratifications Theory in which the audience is seen as an actice media user, who deliberately using a media to achieve specific goals. By using quantitative approach, this research aims to determine audience's motive in using Netizen Buzz. Survey was conducted on 400 Netizen Buzz blog users who are also K-Pop fans in Indonesia. The result of this research indicate that there are three basic motives in using Netizen Buzz, namely convenient information-seeking, convenient entertainment, and social interaction.
Kata Kunci : Motivasi, Uses and Gratifications, Netizen Buzz, Fans K-Pop