Kecerdasan Emosional Tokoh Kanna dalam Film Sayonara Bokutachi no Youchien Karya Nobuo Mizuta: Sebuah Tinjauan Psikologi Sastra
Hardika Easti Asthi, Drs. Deddy H. Oekon, M. Hum.
2021 | Skripsi | S1 SASTRA JEPANGPenelitian ini mengkaji kecerdasan emosional tokoh Kanna dalam dalam film Sayonara Bokutachi no Youchien karya Nobuo Mizuta berdasarkan teori kecerdasan emosional Daniel Goleman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komponen-komponen yang membentuk kecerdasan emosional tokoh Kanna, faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya kecerdasan emosional tokoh Kanna, dan dampak kecerdasan emosional tokoh Kanna terhadap tokoh lain dalam film Sayonara Bokutachi no Youchien. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Oleh karena itu, sebelum mengkaji kecerdasan emosional tokoh Kanna dengan teori kecerdasan emosional Daniel Goleman, penulis terlebih dahulu melakukan analisis terhadap tema dan fakta cerita untuk memahami unsur-unsur pembangun karya sastra yang meliputi tema, tokoh penokohan, alur dan latar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kutipan dialog dan potongan adegan dalam film Sayonara Bokutachi no Youchien. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima komponen yang membentuk kecerdasan emosional tokoh Kanna. Kelima komponen tersebut yaitu kemampuan mengenali emosi diri, kemampuan mengelola emosi, kemampuan memotivasi diri, kemampuan mengenali emosi orang lain, dan kemampuan membina hubungan dengan orang lain. Faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya kecerdasan emosional tokoh Kanna didominasi oleh faktor yang berasal dari luar (eksternal), yaitu faktor keluarga dan non keluarga. Kecerdasan emosional tokoh Kanna memberikan dampak yang positif terhadap orang-orang di sekitarnya, meliputi teman, guru, dan orang tua murid.
This study examines the emotional intelligence of Kanna in Nobuo Mizuta's Sayonara Bokutachi no Youchien film based on Daniel Goleman's theory of emotional intelligence. This study aims to determine the components that form Kanna's emotional intelligence, the factors that influence the formation of Kanna's emotional intelligence, and the impact of Kanna's emotional intelligence on other characters in Sayonara Bokutachi no Youchien film. The method in this research is descriptive qualitative method with literary psychology approach. Therefore, before examining Kanna's emotional intelligence with Daniel Goleman's theory of emotional intelligence, the author analyzes the themes and facts of the story to understand the building elements of literary work including themes, characterizations, plot and setting. The data used in this research are dialogue excerpts and scene cuts in Sayonara Bokutachi no Youchien. The results of research showed that there are five components that form Kanna's emotional intelligence, namely the ability to recognize self-emotions, the ability to manage emotions, the ability to motivate oneself, the ability to recognize other people's emotions, and the ability to build relationships with others. The factors that influence the formation of Kanna's emotional intelligence are dominated by external factors, which are family and non-family factors. Kanna's emotional intelligence has a positive impact on the people around him, including friends, teachers, and parents.
Kata Kunci : kecerdasan emosional, psikologi sastra, film