ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN DAN KESEDIAAN UNTUK MEMBAYAR PADA PRODUK KOPI
TRI RETNO SETIYAWATI, M. Kusumawan Herliansyah, S.T., M.T., Ph.D.
2020 | Tesis | MAGISTER TEKNIK INDUSTRIIndonesia merupakan negara agraris dengan berbagai hasil pertanian, salah satu hasil pertanian terbesar adalah kopi. Kopi merupakan salah satu produk pertanian yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Pengalaman konsumen dalam mengonsumsi kopi dan kesadaran mengenai kualitas produk menjadikan kopi sebagai produk yang kompleks dengan berbagai spesifikasi. Oleh karena itu perlu mengetahui spesifikasi produk kopi yang paling banyak diminati konsumen. Dalam menentukan spesifikasi produk, dapat dilakukan berdasarkan preferensi konsumen. Dalam memahami preferensi konsumen terhadap spesifikasi produk yang diinginkan, maka perlu juga memahami kesediaan konsumen untuk membayar/Willingness to Pay (WTP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap produk kopi. Selain untuk mengetahui preferensi konsumen, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat kesediaan untuk membayar terhadap produk tersebut. Untuk mengetahui preferensi konsumen dilakukan dengan metode Kansei. Hasil dari metode Kansei didapatkan spesifikasi produk yang mewakili kesan kata Kansei sebagai representasi preferensi konsumen. Dari produk dengan preferensi tersebut kemudian dicari tingkat kesediaan untuk membayar konsumen terhadap produk. Penelitian ini menghasilkan spesifikasi produk yang mencerminkan kesan Kansei “pahit†(Produk 1) yaitu produk kopi dengan proses pascapanen semi wash, level sangrai gelap, dan rasio “tebal†untuk perbandingan kopi dengan air. Sedangkan kesan Kansei “nyaman†(Produk 2) merupakan produk kopi dengan spesifikasi proses pascapanen natural, level sangrai sedang, dan rasio “tipis†untuk perbandingan kopi dengan air.
Indonesia is an agricultural country with various of agricultural products, one of the biggest agricultural products is coffee. Coffee is one of the most consumed agricultural products in the world. Consumer experiences on coffee consume makes coffee being a complex product with many specifications. Therefore, need to know specification of the most prefer coffee product by consumer. In determining product specifications can be done based on consumer’s preferences. Besides understanding consumer’s preferences for desired product’s specifications, it is also necessary to understand consumer Willingness to Pay. The aims of this study are to determine consumer’s preferences for coffee products in order to obtain product’s specifications and determine WTP level of that products. Kansei Engineering is applied to find out consumer’s preferences. Output of Kansei Engineering are product’s specifications as impression of Kansei word that represent consumer’s preferences. From that product’s specifications then need to determine consumer WTP for that products. The results of this study are coffee product’s specification that represent Kansei word “bitter†(Product 1) with semi wash postharvest, dark level roasting, and bold ratio between coffee ground and water. WTP level for Product 1 is on range Rp15.100-Rp17.500. Kansei word “comfort†(Product 2) is represented by product’s specification as follows: natural postharvest, medium level roasting, and light ratio between ground coffee and water. WTP level for product 2 is on range Rp17.600-Rp20.000.
Kata Kunci : Preferensi Konsumen, Metode Kansei, Kesediaan untuk Membayar, Produk Kopi