Analisis Penggunaan Aplikasi Jogja Smart Service (JSS) (Ditinjau dari The unified model of e-government adoption)
AULIYA TRY ANGGRAINI, Dr.Ag.Subarsono,MA., M.Si
2020 | Tesis | MAGISTER ILMU ADMINISTRASI PUBLIKSistem pemerintahan berbasis elektronik atau yang dikenal dengan e-government telah terbukti dapat meningkatkan akuntabilitas, transparansi dan keadilan dalam penyediaan layanan publik yang merupakan salah satu konsep smart city. Dalam prakteknya ditemukan hasil yang berbeda karena kondisi kesiapan yang berbeda-beda. Banyak kegagalan penerapan e-government karena pemerintah tidak mengetahui kesiapannya dan keputusan yang dibuat tanpa mempertimbangkan bukti-bukti yang memadai serta tinggi rendahnya partisipasi masyarakat dalam mengadopsi e-government Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat untuk menggunakan aplikasi Jogja Smart Service serta bagaimana pengunaan aplikasi Jss Adapun teori yang digunakan dalam penelitian yaitu model The Unified Model of Electronic GovernmentAdoption (UMEGA). Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Explanatory Research. Variabel-variabel penelitian dioperasionalkan kedalam indikator, yang dikonversikan menjadi kuesioner yang sebarkan kepada masyarakat pengguna aplikasi JSS masyarakat berbasis online. Data survei diperoleh dari masyarakat yang diambil secara random dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.Tanggapan wawancara dianalisis konten untuk memvalidasi data kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini juga beragam yaitu Kota Yogyakarta sebanyak 99 masyarakat. Hasil temuan penelitian faktor-faktor yang mempengaruhi nmasyarakat menggunakan jogja smart service dengan model The unified model of e- government adoption (UMEGA) bahwa ketiga variabel independen yaitu: Performance Expectancy, Effort Expectancy, Sosial influence memiliki pengaruh yang signifikan dan arahnya positif terhadap variabel dependen. Untuk meningkatkan kualitas dan kegunaan jogja smart service pemerintah kota yogyakarta perlu mengembangkan fitur-fitur atau menu yang lebih lengkap dan informasi yang update sehingga semakin banyak pelayanan masyarakat yang dapat dilakukan secara online dan terintegrasi dalam satu aplikasi yaitu aplikasi jogja smart service. Perlu adanya penyederhanaan lagi dalam proses penggunaan aplikasi JSS. Serta meningkatkan sosialisasi lebih meluas oleh para stakeholder terkait kepada masyarakat guna penyebaran informasi terkait aplikasi Jogja smart service.
Electronic-based government systems, known as e-government, have been proven to increase accountability, transparency and fairness in the provision of public services, which is one of the concepts of smart cities. In practice, different results are found due to different readiness conditions. There are many failures in implementing e-government because the government does not know its readiness and decisions are made without considering adequate evidence and the level of public participation in adopting e-government This study analyzes the factors that influence the community to use the Jogja Smart Service application and how to use the Jss application. The theory used in this study is the Unified Model of Electronic Government Adoption (UMEGA) model. This study uses a quantitative research type approach with the Explanatory Research method. Research variables are operationalized into indicators, which are converted into questionnaires that are distributed to the community using the online-based community JSS application. The survey data were obtained from the community which were taken randomly and analyzed using multiple linear regression analysis. The interview responses were analyzed content to validate the quantitative data. The sample in this study also varied, namely the city of Yogyakarta as many as 99 people. The results of the research findings of the factors that influence the community using Jogja smart service with the model of The unified model of e-government adoption (UMEGA) show that the three independent variables, namely: Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence have a significant effect and positive direction on the dependent variable. . To improve the quality and usability of Jogja smart services, the Yogyakarta city government needs to develop features or menus that are more complete and updated information so that more and more public services can be done online and integrated in one application, namely the Jogja Smart Service application. There needs to be more simplification in the process of using the JSS application. As well as increasing socialization more widely by relevant stakeholders to the community in order to disseminate information related to the Jogja smart service application.
Kata Kunci : e-government, The Unified Model of Electronic Government Adoption (UMEGA), jogja Smart Service