Laporkan Masalah

Perumusan Rencana Strategik PT Bola Agro Lestari

RENDHAFAJAR P, Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D.,

2020 | Tesis | Magister Manajemen

Industri pertanian di Indonesia memegang peranan penting dalam menopang PDB nasional. Kemampuan industri ini untuk terus meningkat dari waktu ke waktu memberikan gambaran terkait potensi yang terkandung di dalamnya. Peningkatan kualitas hasil panen para petani tidak lepas dari peranan pupuk dan obat-obatan tanaman. Oleh karena itu dibutuhkan strategi yang tepat untuk menangkap potensi sekaligus menghadapi ancaman yang datang di industri ini pada masa mendatang. PT Bola Agro Lestari (PT BAL) merupakan distributor sekaligus produsen pupuk serta obat-obatan tanaman yang berlokasi di Yogyakarta. Dilihat laju industri yang terus meningkat, PT BAL membutuhkan strategi untuk membantu perusahaan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis visi, misi dan nilai yang dianut oleh PT BAL berkaca pada kondisi bisnis saat ini. Kemudian untuk mengarahkan perusahaan sesuai dengan visi, misi dan nilai maka perumusan objektif dilakukan guna mencapai tujuan utama perusahaan Setelah itu, perumusan rencana strategik diperlukan guna menghadapi persaingan yang ada. Guna menganalisis permasalahan yang ada, digunakan data primer yang didapatkan dari wawancara dan data sekunder yang didapatkan melalui observasi serta kajian dokumen. Evaluasi terkait visi dan misi perusahaan dilakukan untuk melihat kesesuaian dengan kegiatan bisnis PT BAL. Selanjutnya evaluasi objektif perusahaan dilakukan guna mengetahui apakah objektif yang ada mampu membawa perusahaan ke arah yang lebih baik. Kemudian analisis faktor internal dan eksternal dilakukan guna mengetahui faktor-faktor yang berperan penting dalam bisnis perusahaan. Terakhir, analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi strategi terbaik yang dapat dipilih oleh perusahaan dan dituangkan ke dalam tabel rencana kerja 2021-2025. Dari analisis yang dilakukan, diketahui bahwa visi dan misi perusahaan belum dapat mengarahkan perusahaan untuk mencapai tujuan utamanya. Selain itu, ketiadaan objektif juga menjadi permasalahan yang menghambat perusahaan untuk berkembang. Sesuai dengan analisis, terdapat peluang yang dapat dimanfaatkan PT BAL dalam ranah strategi diferensiasi mengacu pada segmen konsumen baru.

Indonesian agricultural industry holds important role in supporting national gross domestic revenue. This industry gives us pictures about its potential by keep moving upwards until now. The improvement of farmer's harvest quality cannot be separated from the role of fertilizer and medicine for plants itself. Therefore, the right strategy is needed to catch potential and threats of this industry in the future. PT Bola Agro Lestari is both a distributor and a producer of fertilizer and plants medicine located in Yogyakarta. Seen from the improvement of agricultural industry, PT BAL needs strategy to help them grow. This research aims to analyse vision, mission, and value that embraced by PT BAL seen from its nowadays business condition. Then to direct the company based on its vision, mission, and value, formulating objective is done in order to reach the company's main purpose. After that, formulating strategic plan is needed to face existing competition. There are two kinds of data use in this analysis, primary data obtained by interview and secondary data obtained by documents study and observation. Vision and mission evaluation is done in an attempt to see suitability with PT BAL business. After that objective evaluation is done in order to see whether this objective capable to bring the company to get better or not. Later, analysis of internal and external factors is done to find out some factors which have crucial role in company business. In the end, SWOT analysis used to identify the best strategy which can be choose by the company put it into working plan table for 2021-2025. From the conducted analysis, it is known that company vision and mission are cannot put the company in the right way in order to reach its core purpose. Furthermore, the absence of objective in the company becomes a burden for the company to grow. According to the analysis, there is an opportunity which can be used by PT BAL in differentiation refers to a new customer segmentation.

Kata Kunci : strategi, visi, misi, objektif, rencana strategik

  1. S2-2020-436853-abstract.pdf  
  2. S2-2020-436853-bibliography.pdf  
  3. S2-2020-436853-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-436853-title.pdf