Laporkan Masalah

PENGARUH PERSONALIZED MARKETING DALAM LAYANAN STREAMING AUDIO SPOTIFY TERHADAP BRAND LOYALTY: ANALISIS PENGGUNA SPOTIFY TERHADAP DISCOVER WEEKLY

ACHMAD FARIZI, Pulung Setiosuci Perbawani, S.I.P., M.M.

2020 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Spotify sebagai sebuah layanan pemutar musik online telah menjadi pemain terkenal saat ini. Saat pada akhirnya layanan ini diluncurkan, Spotify menjadi perbincangan banyak orang secara global berkat layanan yang inovatif. Spotify menjadi inisiator dari kategori layanan pemutar musik online ini yang membuat hingga pemain besar seperti Apple, Google, dan Amazon mencoba untuk mendapatkan bagian mereka di pasar. Spotify akhirnya merilis fitur Discover Weekly pada 2015 untuk melengkapi fitur kurasi playlist musik mereka. Warga internet serta laman berita mengatakan bahwa fitur ini merupakan dan masih menjadi salah satu alasan utama Spotify menjadi pemimpin dari segmentasi ini. Penelitian ini mencoba untuk memberikan gambaran terhadap argumen tersebut dan melihat fitur Discover Weekly dapat menumbuhkan loyalitas terhadap brand Spotify. Discover Weekly terbukti dapat memberikan rekomendasi yang baik kepada pengguna, tetapi fitur ini masih perlu dikembangkan lebih jauh untuk membuatnya dapat sampai pada titik untuk bsa membangun loyalitas pada pengguna fitur ini.

Spotify as a music streaming service was already well known right now. The time when this service was finally released it struck the world by its game changing service and quickly gaining traction from people around the world. Spotify became the initiator of this subscription-based streaming service that made big tech companies such as Apple, Google, and Amazon, trying to get their share of the market. As the company grew, Discover Weekly as a personalized marketing effort, was released as a way to compliment the person-curated playlist which used a lot of resources to make. People all over the internet said that this feature was and still one of the main reasons for Spotify to be the leader of this music streaming service game. The research provides a way to uncover the statement and try to see whether Discover Weekly could grow users' loyalty towards Spotify. The findings of this study indicate that there is in fact an effect on how Discover Weekly affects users' loyalty towards Spotify. Discover Weekly proved to be able to provide a good music recommendation to the users, but it still needed to do some improvements to make it able to reach the point where it could make users loyal towards Spotify.

Kata Kunci : Spotify, personalized marketing, brand loyalty

  1. S1-2020-394573-abstract.pdf  
  2. S1-2020-394573-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-394573-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-394573-title.pdf