PRINSIP KEJUJURAN DALAM PEMASARAN YK SILVER 925 KOTAGEDE YOGYAKARTA PERSPEKTIF ETIKA BISNIS
BAYU BRILIANTO , Prof. Dr. Lasiyo, M.A., M.M.
2020 | Skripsi | S1 FILSAFATPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merefleksikan prinsip kejujuran dalam etika bisnis terhadap sentra pengrajin perak. Pengrajin perak YK Silver 925 menjadi objek analisis penelitian ini. YK Silver 925 merupakan salah satu pengrajin perak Kotagede yang eksistensinya masih bertahan hingga saat ini, Prinsip dan budaya kerja yang bersifat kekeluargaan serta mengutamakan kejujuran merupakan kunci dari ketahanan usaha kerajinan perak YK Silver 925. Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk memahami strategi pemasaran yang berlandaskan prinsip kejujuran ditengah maraknya kecurangan dalam bisnis sentra perak. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif mengenai masalah aktual yang diperkuat dengan studi pustaka dan wawancara secara mendalam dengan narasumber. Objek formal penelitian ini adalah prinsip kejujuran dan etika bisnis. Penelitian ini melalui empat tahap, yakni inventarisasi, klasifikasi, penyusunan dan pengolahan data, serta analisis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan unsur-unsur metode, yakni deskripsi, interpretasi, dan heuristik. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dalam menjalankan bisnisnya pemilik sentra perak YK Silver 925 sangat mengedepankan kepercayaan dari pelanggan sehingga semua produk sangat terjamin keasliannya. YK Silver 925 dalam proses pemasaran lebih berfokus pada pemasaran offline karena bertujuan menjaga kredibilitas toko mereka. Prinsip kejujuran merupakan pedoman bagi pemilik bisnis atas kepatuhan dalam menepati berbagai komitmen yang telah disepakati. Kejujuran ini terkait pada kualitas produk dan juga harga produk yang ditawarkan kepada konsumen. Prinsip kejujuran menuntut terciptanya keterbukaan antar konsumen dan produsen sehingga tidak akan terjadi kecurangan pada saat proses transaksi. Kata kunci: Etika bisnis, Kejujuran, Perak, YK Silver 925.
This research aimed to analyze and reflect the principles of integrity in business ethics on silver craftsman centers. The object of this research was YK Silver 92. YK Silver 925 is one of silver craftsmen located in Kotagede whose still exists today, integrity and familiarity are the key of their existence. This study was conducted to understand marketing strategies based on the principle of integrity amid widespread fraud in the silver center business. This research used qualitative method to understand actual problem, strengthened by literature study and in-depth interviews with informants. The formal object of this research is the principle of integrity and business ethics. This research went through four steps, there are inventory, classification, compiling and processing data, and analysis. Data analysis in this research uses the elements of the method, description, interpretation, and heuristics. The result of this research is the owner of YK Silver 92 always put customers trust as their priority so that all products are guaranteed its authenticity. YK Silver 925 in marketing process is more focused on offline marketing because it aims to maintain the credibility of their stores. The principle of integrity is a guideline for business owners regarding compliance in fulfilling agreed commitments. This integrity is related to the quality of the product and also the price of the product that offered to consumers. The principle of integrity requires openness between consumers and producers so fraud will not occur during the transaction process. Keywords: Bussines Ethics,Integrity, Silver,YK Silver 925
Kata Kunci : Etika bisnis, Kejujuran, Perak, YK Silver 925 / Bussines Ethics,Integrity, Silver,YK Silver 925