Laporkan Masalah

EVALUASI DAN REFORMULASI STRATEGI PROMOSI FESTIVAL PARADE PESONA KEBANGSAAN KABUPATEN ENDE Strip NTT

ALOYSIUS P LANGGA BT, Dr. John Soeprihanto, M. I. M.; Bayu Sutikno, M.S.M., Ph. D.

2020 | Tesis | Magister Kajian Pariwisata

Pelaksanaan event festival pariwisata merupakan salah satu cara untuk mempromosikan potensi wisata. Selain untuk tujuan promosi wisata, festival diadakan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, menambah pendapatan asli daerah dan memberi pendapatan ekonomi bagi masyarakat lokal. Sejak tahun 2015, pemerintah Kabupaten Ende melalui Dinas Pariwisata sudah melakukan sebuah event pariwisata. Event tersebut ialah Festival Parade Pesona Kebangsaan. Festival ini memiliki tujuan untuk mempromosikan objek daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Ende sekaligus untuk mengenang sejarah lahirnya Pancasila yang dicetuskan oleh Bung Karno selama masa pembuangan di Ende (1934-1938). Pelaksanaan Festival Parade Pesona Kebangsaan belum sepenuhnya sempurna dan masih perlu banyak perbaikan. Pelaksanaan promosi kegiatan dan promosi wisata juga masih terbatas pada pelaksanaan yang formalitas dan tanpa persiapan yang baik. Fokus penelitian ini adalah evaluasi dan reformulasi strategi promosi Festival Parade Pesona Kebangsaan di Kabupaten Ende yang terbagi dalam identifikasi dan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan Festival Parade Pesona Kebangsaan, serta evaluasi dan reformulasi strategi promosi untuk penyempurnaan program kegiatan yang akan dilaksanakan selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi dan mereformulasi strategi promosi Festival Parade Pesona Kebangsaan di Kabupaten Ende.

The implementation of the tourism festival event is one way to promote tourism potential. In addition to the purpose of tourism promotion, the festival is held to increase the number of tourist visits, increase local revenue, and provide economic income for the local community. Since 2015, the Ende Regency government through the Tourism Office has conducted a tourism event. The event was the National Enchantment Parade Festival. This festival has aims to promote tourist attraction objects in Ende Regency as well as to commemorate the history of the birth of Pancasila which was sparked by Bung Karno during his exile in Ende (1934-1938). National Enchantment Parade Festival is not yet perfect and still needs a lot of improvement. The implementation of promotional activities and tourism promotion is also still limited to the implementation of formalities and without good preparation. The focus of this research is the evaluation and reformulation of the promotion strategy of the National Enchantment Parade Festival in Ende Regency, which is divided into the identification and analysis of the factors that influence the activities of the National Enchantment Parade Festival, as well as the evaluation and reformulation of the promotion strategy to perfect the next program of activities. This study uses a descriptive-analytic method with a qualitative approach that aims to describe and evaluate and reformulate the promotion strategy of the National Enchantment Parade Festival in Ende.

Kata Kunci : Evaluasi, Promosi, Festival, Ende.

  1. S2-2020-435142-abstract.pdf  
  2. S2-2020-435142-bibliography.pdf  
  3. S2-2020-435142-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-435142-title.pdf