Strategi Sales and Marketing Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta dalam Meningkatkan Penjualan Produk dan Jasa
HASNA ASA LATHIFAH, Fatkurrohman, S.I.P., M.Si.
2020 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATAHotel merupakan perusahaan yang menyediakan produk dan jasa dimana mengutamakan pelayanan terhadap tamu yang menggunakan produk dan jasa yang dimiliki oleh pihak hotel. Penulisan penelitian Tugas Akhir ini mendeskripsikan mengenai tugas, tanggung jawab dan strategi yang dimiliki oleh Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta dalam berkembangnya suatu produk dan jasa yang dimiliki. Penulisan penelitian dalam Tugas Akhir ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknis pengumpulan data seperti melakukan observasi secara langsung selama lima minggu dimana penulis menjadi sales admin, wawancara, mendokumentasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta memiliki sales and marketing department yang bertugas dan mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan jumlah tingkat hunian kamar dan event yang dititung perhari dengan strategi yang efektif dan efisien.
Hotel is a company that provides products and services that prioritize service to guests using products and services owned by the hotel. Research writing this final task describes the duties, responsibilities and strategies owned by Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta in the development of a product and services owned. The writing of research in this final task uses a qualitative descriptive method with the technical data collection such as direct observation for five weeks where the authors become sales admins, interviews, documenting, and library studies. The results of the study can be concluded that Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta has a sales and marketing department in charge and has responsibility to increase the number of occupancy rooms and events counting the day with an effective and efficient strategy.
Kata Kunci : sales and marketing department, strategi, penjualan.