Laporkan Masalah

Proses Pemberian Reward Kategori Best Employee dan Dampakna Pada Motivasi Kinerja Karyawan Hotel Horison Urip Sumoharjo Yogyakarta

VIVI TAMIA, Ghifari Yuristiadhi Masyhari Makhasi, S.S., M.A., M.M

2020 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota yang dijuluki Kota Pariwisata di Indonesia. Salah satu faktor yang mendukungnya adalah akomodasi. Salah satu Hotel yang ada di Kota Yogyakarta adalah Hotel Horison Urip Sumoharjo Yogyakarta. Hotel Horison Urip Sumoharjo Yogyakarta harus dapat mempertahankan kinerja yang baik dalam pekerjaannya agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada tamu dan dapat bersaing dengan hotel lainnya di Yogyakarta. Untuk dapat mewujudkannya, pemberian reward menjadi salah satu cara Human Resource Department untuk memotivasi karyawannya agar dapat bekerja dengan baik. Penelitian ini memberikan gambaran bagaimana proses pemilihan program reward kategori Best Employee dan seberapa besar reward mempengaruhi kinerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi dan studi pustaka. Data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder, dengan data primer melalui wawancara mendalam dan observasi partisipan sedangkan data sekunder melalui buku dan sumber lainnya. Berdasarkan hasill penelitian, tahap seleksi pemilihan Best Employee adalah pertama diajukan oleh head of department, kedua seleksi ujian tulis, ketiga seleksi ujian lisan, keempat interview dengan General Manager dan terakhir pengumuman dalam acara General Staff Meeting (GSM). Adapun reward finansial yang diberikan berupa gaji, upah, jaminan sosial dan bonus bagi pemenang Best Employee. Sedangkan reward non finansial berupa prestasi, promosi jabatan, voucher hotel, dan sertifikat. Reward tidak secara signifikan memotivasi karyawan yang sudah pernah menang namun justru memotivasi bagi karyawan yang belum pernah menang untuk meningkatkan kinerja menjadi lebih baik di Hotel Horison Urip Sumoharjo Yogyakarta.

Yogyakarta City is one of the cities nicknamed Tourism City in Indonesia. One factor that supports it is accommodation. One of hotels in the city of Yogyakarta is the Hotel Horison Urip Sumoharjo Yogyakarta. Hotel Horison Urip Sumoharjo Yogyakarta must be able to maintain good performance in its work in order to provide the best service to guests and be able to compete with other hotels in Yogyakarta. To be able to make this happen, giving rewards is one way for the Human Resource Department to motivate employees to work well. This study provides an overview of how the process of selecting a Best Employee category reward program and how much reward affects employee performance. This research is a qualitative descriptive study with participant observation, in-depth interview, documentation and literature study data collection techniques. The data used are primary data and secondary data, with primary data through in-depth interviews and participant observation while secondary data through books and other sources. Based on research results, the best employee selection selection stage is first submitted by the head of department, second written test selection, third oral examination selection, fourth interview with the General Manager and finally the announcement in the General Staff Meeting (GSM). The financial rewards given in the form of salaries, wages, social security and bonuses for the best employee winners. While non-financial rewards in the form of achievements, promotions, hotel vouchers, and certificates. Reward does not significantly motivate employees who have won but rather motivates employees who have never won to improve performance for the better at the Hotel Horison Urip Sumoharjo Yogyakarta.

Kata Kunci : Best Employee, Reward, Motivasi Kinerja, Hotel Horison Urip Sumoharjo Yogyakarta

  1. D3-2020-410915-Abstract.pdf  
  2. D3-2020-410915-Bibliography.pdf  
  3. D3-2020-410915-Tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-410915-Title.pdf