Gaya Bahasa Iklan Axe pada Akun Youtube Axe france
ROBBY RIZAL, Dr. Hayatul Cholsy, M.Hum.
2020 | Skripsi | S1 SASTRA PRANCISPenelitian ini membahas tentang gaya dan fungsi gaya bahasa yang digunakan dalam teks iklan Axe. Axe merupakan produk perawatan untuk pria yang sudah berdiri sejak 1983 di Perancis dan saat ini sudah dapat ditemui di 60 negara. Penelitian ini mengkaji teks berbahasa Prancis yang terdapat dalam iklan Axe pada akun Youtube Axe France yang sudah mengunggah iklan semenjak 2011 hingga saat ini. Penelitian ini dilakukan dengan menyimak iklan dalam bahasa Prancis yang terpilih. Data yang sudah terkumpul lalu diklasifikasi dan dianalisis sesuai dengan gaya dan fungsi gaya bahasanya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 9 gaya bahasa dan 4 fungsi gaya bahasa yang digunakan pada akun Youtube Axe France. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan gaya dan fungsi gaya bahasa pada iklan Axe sengaja digunakan agar pesan yang ingin disampaikan bisa diterima oleh konsumen.
This research discusses the language style and the function of the language used in Axe advertisements text. Axe is a toiletries for men that has been established since 1983 in France and is now available in 60 countries. This research examine French text contained in Axe advertisements on Axe France YouTube channel that have uploaded video since 2011 to date. This research was conducted by listening to advertisements in selected French languages. Data that has been collected is then classified and analyzed according to the language style and function of the language. The results of this study indicate that there are 9 language styles and 4 function of the language used on Axe France YouTube channel. This shows that the use of style and function of the language in Axe advertisements is used so that the message to be conveyed can be received by consumers.
Kata Kunci : iklan, produk perawatan pria, gaya bahasa, fungsi gaya bahasa