Laporkan Masalah

STRATEGI PUBLIC RELATIONS HORAIOS MALIOBORO HOTEL YOGYAKARTA DALAM MENGELOLA MEDIA RELATIONS

FEBRI HANDOYO, Cerry Surya Pradana, S.S., M.Sc.

2020 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

Dewasa ini persaingan bisnis berlangsung semakin ketat seiring berkembangnya teknologi dan sumber daya manusia. Peran media juga berpengaruh besar dalam penyebaran informasi. Keadaan tersebut membuat Horaios Malioboro Hotel perlu memelihara hubungan baik dengan publik internal maupun eksternal melalui peran, tanggung jawab dan strategi dari seorang Public relation dalam mengelola media relation untuk membentuk citra yang baik dimata masyarakat. Tugas Akhir ini bertujuan untuk melihat peran, tanggung jawab, serta strategi yang dilakukan staff Public Relation dalam mengelola media relation yang kemudian berpengaruh terhadap traffic publikasi di Horaios Malioboro Hotel. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif melalui tahapan reduksi, model data atau data display dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Public Relation Horaios Malioboro Hotel berperan dalam mempersiapkan temu pers; menerbitkan laporan tahunan; menyusun dan merancang naskah pidato untuk pimpinan; mempersiapkan presentasi bagi pimpinan puncak; dan menerbitkan brosur atau company profile serta bertanggung jawab dalam mendidik publik melalui kegiatan non-profit untuk memilih Horaios Malioboro Hotel; mengadakan usaha untuk mengatasi dan atau meminimalisir kesalahpahaman antara Horaios Malioboro Hotel dengan publik atau lingkungan; dan meningkatkan penjualan produk dan jasa. Strategi yang telah dilakukan dalam mengelola Media relation diantaranya mengelola relasi; mengembangkan strategi; berkoordinasi dengan departemen lain; dan mengembangkan jaringan. Hasil traffic publikasi yang didapatkan berupa kesesuaian harapan pihak manajemen Horaios Malioboro Hotel dalam peningkatan penjualan produk dan insight di hotel tersebut.

Nowadays, Business competition is getting tougher as technology and human resources develop. The role of the media has a significant influence on the dissemination of information. This situation makes Horaios Malioboro Hotel need to maintain good relationship with internal and external Public through the role, responsibility and strategy of a Public relation in managing media relation to form a good image in the eyes of society. The final task aims to look at the roles, responsibilities, and strategies of Public relations staff to manage the media Relation that will then affect the Publication traffic at Horaios Malioboro Hotel. This research was conducted with qualitative descriptive methods through the stages of reduction, data models or data display, and verification or drawing the conclusions. The result of this research is Public Relation Horaios Malioboro Hotel was instrumental in preparing the press meeting; publishes annual reports; Drafting and designing speech scripts for leaders; Prepare presentations for top leaders; and publishes brochures or company profiles and is responsible for educating the Public through non-profit activities to choose Horaios Malioboro Hotel; Conduct efforts to address and or minimize misunderstandings between Horaios Malioboro Hotel with the Public or the environment; and increase sales of products and services. The strategies that have been done in managing media relation include managing relationships; Develop strategies; coordinate with other departments; and developing network. The results of Publication traffic obtained in the form of conformity expectations of the management of Horaios Malioboro Hotel in increasing product sales and insight in the Hotel.

Kata Kunci : Public relation, Media relation, Horaios Malioboro Hotel

  1. D3-2020-396356-abstract.pdf  
  2. D3-2020-396356-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-396356-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-396356-title.pdf