Laporkan Masalah

PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS, BUKA 24 JAM, LOKASI YANG BERSIH, LOKASI YANG LUAS, LOKASI YANG STRATEGIS, TEMPAT PARKIR GRATIS, VARIAN PRODUK YANG LENGKAP, DAN TEMPAT PARKIR YANG LUAS TERHADAP MINAT KUNJUNGAN KONSUMEN KE INDOMARET POINT (Studi Kasus terhadap Indomaret Point Cabang Colombo)

LENY WIJAYANTI, Drs. Moh. Halimi, M. M.

2020 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN

Indomaret Point merupakan inovasi terbaru yang diluncurkan oleh Indomaret dengan tema convenience store, khususnya di Kota Yogyakarta keberadannya hanya tersebar di tiga lokasi yakni Indomaret Point Colombo, Indomaret Point Malioboro, dan Indomaret Point Tugu Jogja. Walau termasuk pemain baru namun Indomaret Point memiliki jumlah pengunjung yang tidak kalah dengan retail sejenis yang sudah dahulu berdiri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan kelengkapan fasilitas, buka 24 jam, lokasi yang bersih, lokasi yang luas, lokasi yang strategis, tempat parkir gratis, varian produk yang lengkap, dan tempat parkir yang luas terhadap minat kunjungan konsumen ke Indomaret Point Colombo. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan analisis pustaka, observasi, dan penyebaran kuisioner terhadap 122 responden yang berkunjung ke Indomaret Point Colombo dan google form menggunakan Teknik Non-Probability Sampling dengan metode gabungan Purposive Sampling dan Convenience Sampling. Analisis data dilakukan dengan: Uji Kualitas Data meliputi Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik meliputi Uji Normalitas, Uji Heterokedasitas, dan Uji Multikolinearitas, Uji Hipotesis dengan Regresi Linear Berganda meliputi Uji F, Uji t,Uji Koefisien Determinasi (R2), dan Perhitungan nilai SE & SR. Data dalam penelitian diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 25 yang menyatakan bahwa data lulus Uji Kualitas Data dan Uji Asumsi Klasik sedangkan pengujian hipotesis dinyatakan persamaan Regresi Linear Berganda sebesar Y = 2,726 + 0,003X1 + 0,198X2 + 0,296X3 + 0,282X4 + 0,696X5 + 0,121X6 + 0,163X7 + 0,529X8 + e. Uji t menyatakan bahwa secara parsial hanya variable lokasi yang bersih, lokasi yang strategis, dan tempat parkir yang luas yang berpengaruh secara signifikan terhadap minat kunjungan dengan sig. < 0,05 atau rhitung > rtabel sedangkan dalam Uji F menyatakan bahwa variable kelengkapan fasilitas, buka 24 jam, tempat yang bersih, tempat luas, tempat yang strategis, tempat parkir gratis, varian produk yang lengkap, dan tempat parkir yang luas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat kunjungan dengan sig. < 0,05 atau Thitung > Ttabel. Nilai Adjusted R Square sebesar sebesar 63,6% sedangkan secara parsial X1 bepengaruh sebesar 0,15%, X2 berpengaruh sebesar 5,47%, X3 berpengaruh sebesar 11,5%, X4 berpengaruh sebesar 6,4%, X5 berpengaruh sebesar 15,7%, X6 berpengaruh sebesar 1,6%, X7 berpengaruh sebesar 5,9%, dan X8 berpengaruh sebesar 16,7%. Dari hasil penelitian maka di sarankan Indomaret Point Colombo mempertahankan hal yang telah dianggap baik oleh konsumen dan meningkatkan hal tersebut seperti lokasi yang bersih, lokasi yang strategis, dan tempat parkir yang luas.

Indomaret Point is the latest innovation launched by Indomaret with the theme of convenience store, especially in the city of Yogyakarta, its existence is only spread in three locations namely Indomaret Point Colombo, Indomaret Point Malioboro, and Indomaret Point Tugu Jogja. Even though it is a new player, Indomaret Point has a number of visitors who are not inferior to similar retailers that were established. This research was conducted to determine the effect of partial and simultaneous completeness of facilities, open 24 hours, clean location, large location, strategic location, free parking, complete product variants, and large parking space on the interest of consumer visits to Indomaret Point Colombo. Data collection was carried out through library analysis, observation, and questionnaire distribution of 122 respondents who visited Indomaret Point Colombo and Google Form using the Non-Probability Sampling Technique with the combined Purposive Sampling and Convenience Sampling methods. Data analysis was performed by: Data Quality Tests including Validity and Reliability Tests, Classical Assumptions Tests including Normality Tests, Heterokedacity Tests, and Multicollinearity Tests, Hypothesis Tests with Multiple Linear Regression include F Tests, T Tests, Determination Coefficient Test (R2), and Calculation Calculations SE & SR grades. The data in this study were processed using IBM SPSS Statistics 25 which states that the data passed the Data Quality Test and Classical Assumption Test while testing the hypothesis stated the Multiple Linear Regression equation was Y = 2.726 + 0.003X1 + 0.198X2 + 0.296X3 + 0.282X4 + 0.696X5 + 0.121 X6 + 0,163X7 + 0,529X8 + e. The t test states that only partially clean location variables, strategic locations, and large parking areas significantly influence the interest in visiting with sig. <0.05 or rcount> rtable while in the F Test states that the completeness of the facility variable, open 24 hours, clean place, spacious place, strategic place, free parking, complete product variants, and large parking area simultaneously influential significant to the interest in visits with sig. <0.05 or Tcount> TTable. Adjusted R Square value of 63.6% while partially X1 influences by 0.15%, X2 has an effect of 5.47%, X3 has an effect of 11.5%, X4 has an effect of 6.4%, X5 has an effect of 15, 7%, X6 has an effect of 1.6%, X7 has an effect of 5.9%, and X8 has an effect of 16.7%. From the results of the study it is recommended that Indomaret Point Colombo maintain what has been considered good by consumers and improve it such as a clean location, strategic location, and a large parking area.

Kata Kunci : minat kunjungan, kelengkapan fasilitas, buka 24 jam, lokasi yang bersih, lokasi yang luas, lokasi yang strategis, tempat parkir gratis, varian produk yang lengkap, tempat parkir yang luas

  1. D3-2020-416544-abstract.pdf  
  2. D3-2020-416544-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-416544-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-416544-title.pdf