Laporkan Masalah

EVALUASI METODE PERAMALAN PERMINTAAN PRODUK JJ ROYAL COFFEE LUWAK TERHADAP KEBIJAKAN DISTRIBUTOR DI PT JJ MULTI UTAMA INDONESIA

YULIA DIAH DINANTY, Ir. Adi Djoko Guritno, M.S.I.E, Ph.D.

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

PT JJ Multi Utama Indonesia, dengan merek dagang JJ Royal Coffee, adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang produksi kopi premium di Indonesia. Salah satu dari 10 produk teratas adalah JJ Royal Coffee Luwak. PT JJ Multi Utama Indonesia selalu menghadapi satu masalah besar yaitu perbedaan antara data peramalan permintaan bulanan dengan data pembelian aktual yang diberikan oleh distributor. Dampaknya adalah kekurangan atau kelebihan barang jadi di gudang PT JJ Multi Utama Indonesia. Dari 2015 hingga 2018, penjualan aktual produk JJ Royal Coffee 100% Pure Luwak menunjukkan pola tren dan musiman. Untuk menghitung perkiraan permintaan produk, dalam tesis ini digunakan empat metode deret waktu. Metode yang digunakan adalah moving average, double exponential smoothing, triple exponential smoothing dan regresi linier. Persentase peramalan PT JJ Multi Utama Indonesia dalam tiga tahun terakhir adalah 111% pada 2016, 142% pada 2017, dan 80% pada 2018. Hal ini membuat perusahaan meningkatkan jumlah produksi di atas target permintaan atau memiliki jumlah persediaan yang banyak. Berdasarkan metode Triple Exponential Smoothing, persentase variansi mendekati 100%, menunjukkan akurasi yang baik dalam membuat peramalan permintaan. Di sisi lain, muncul masalah lain terkait kebijakan distributor. Produk yang tidak terjual dan produk yang kedaluwarsa akan kembali ke PT JJ Multi Utama Indonesia, yang berdampak pada jumlah tingkat persediaan, penjualan, dan pendapatan. Tindakan preventif perlu diambil untuk mengantisipasi masalah ini.

PT JJ Multi Utama Indonesia, with its brand JJ Royal Coffee, is a manufacturing company engaged on premium coffee production in Indonesia. One of the top 10 is JJ Royal Coffee Luwak. PT JJ Multi Utama Indonesia always facing one big problem which is the difference between monthly pull out forecast data with actual pull out data that given by distributor. The impact is shortage or excess of finished goods at PT JJ Multi Utama Indonesia's warehouse. From 2015 to 2018, the actual sales of JJ Royal Coffee 100% Pure Luwak product shows trending and seasonal patterns. For calculate forecast product demand, in this thesis used four time series methods. The methods use are moving average, double exponential smoothing (Holt's method), triple exponential smoothing (Holt Winter's method) and linear regression. PT JJ Multi Utama Indonesia forecast percentage in the past three years are 111% in 2016, 142% in 2017, and 80% in 2018. It makes company increase production number above target demand or have high level stock of product. Based on the Triple Exponential Smoothing method, variance percentage close to 100%, its shows a good accuracy in making forecast demand. In the other hand, occur another issue related to distributor policies. Unsold product and expired product will return to PT JJ Multi Utama Indonesia, which impact the inventory level number, sales and revenues. Preventive action needs to be taken to anticipate to this issue.

Kata Kunci : Kata kunci: Peramalan Permintaan, Time Series, Moving Average, Double Exponential Smoothing, Triple Exponential Smoothing, Regresi Linier, Kebijakan Distributor

  1. S2-2019-392003-Abstract.pdf  
  2. S2-2019-392003-Bibliography.pdf  
  3. S2-2019-392003-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-392003-Title.pdf  
  5. S2-2020-392003-Abstract.pdf  
  6. S2-2020-392003-Tableofcontent.pdf  
  7. S2-2020-392003-Title.pdf