Formulasi Business Model Canvas Pada PT. Megatani Segar Abadi di Kabupaten Bogor
M RIZKY SANTOSO, Prof. Dr. Ir. Dwidjono Hadi Darwanto, M.S.; Dr. Jamhari, S.P. MP.
2019 | Tesis | Magister Manajemen AgribisnisUsaha di bidang budidaya memiliki banyak tantangan, agar dapat bersaing atau mempertahankan eksistensi usaha dan mengatasi masalah-masalah yang ada diperlukan strategi dalam merumuskan dan menentukan model bisnis yang tepat. Tujuan dari peneliitian ini adalah: (1) Mengetahui model bisnis yang dijalankan PT. Megatani Segar Abadi dan memetakan gambaran usaha kedalam Business Model Canvas, (2) Memetakan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari setiap elemen-elemen Business Model Canvas pada PT. Megatani Segar Abadi, (3) Merancang strategi alternatif yang tepat dengan pendekatan Business Model Canvas bagi PT. Megatani Segar Abadi. Metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif denggan pendekatan studi kasus. Alat analisis yang digunakan yang digunakan yaitu Business Model Canvas (BMC), analisis lingkungan bisnis dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Megatani Segar Abadi berada pada kuadran satu (agresif), posisi ini sangat menguntungkan karena memiliki kekuatan dan peluang, sehingga perusahaan dapat mengarahkan seluruh potensinya untuk memanfaatkan peluang yang ada. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memperluas segmen pelanggan, memanfaatkan luas lahan, memaksimalkan akses internet dan berkolaborasi dengan mitra usahanya.
Businesses in the field of aquaculture have many challenges, in order to be able to compete or maintain business existence and overcome existing problems a strategy is needed in formulating and determining the right business model. The objectives of this research are: (1) Knowing the business model run by PT. Megatani Segar Abadi and mapped the business description into Business Model Canvas, (2) Mapped the strengths, weaknesses, opportunities, and threats of each element of Business Model Canvas at PT. Megatani Segar Abadi, (3) Designing the right alternative strategy with the Business Model Canvas approach for PT. Megatani Segar Abadi. The research method used is descriptive method with a case study approach. The analytical tool used is Business Model Canvas (BMC), analysis of the business environment and SWOT analysis. The results showed that PT. Megatani Segar Abadi is in one quadrant (aggressive), this position is very beneficial because it has the strength and opportunity, so the company can direct its full potential to take advantage of the opportunities that exist. This can be done by expanding customer segments, utilizing land area, maximizing internet access and collaborating with business partners.
Kata Kunci : Business Model Canvas (BMC), Analisis SWOT, Budidaya Ikan Air Tawar