Studi Tentang Proses Pembelajaran dan Manfaatnya pada Bidang Kerja Alumni Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi Universitas Gadjah Mada
DEWI SARTIKA, Dr. Wisjnu Martani, SU; Dr. Ir. R. Wahyu Supartono;
2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGIPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman pembelajaran alumni ketika berkuliah di Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Tingi (Prodi MMPT) dan pemanfaatannya pada bidang kerja alumni. Data diperoleh dari 40 orang alumni Prodi MMPT yang bekerja di UGM menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pembelajaran di Prodi MMPT terjadi melalui perkuliahan dengan pola pendidikan klasik, diskusi kasus, simulasi, penyelesaian masalah, dan penerapan pembelajaran yang bermuatan pada pengalaman. Pengetahuan yang diperoleh dari perkuliahan di Prodi MMPT merupakan pengetahuan secara makro yang dianggap lebih global dan komprehensif terhadap bidang kerja yang dikerjakan alumni saat ini. Dampak pembelajaran di Prodi MMPT menimbulkan kesadaran bagi alumni bahwa apapun pekerjaan yang mereka lakukan sangat berkontribusi bagi institusi. Pengetahuan yang diperoleh membuat alumni menjadi lebih percaya diri, peka dan lebih muda berempati pada kondisi yang ada.
This research was Qualitative Research which aimed to describe learning process in Higher Education Management Study Program (Prodi MMPT) and Its Advantages in the alumni work field. The Data obtained from 40 alumni used research Instrumen, namely focus group discussion and interview guiding. The results of this study found that learning in the MMPT Study Program by classical education patterns, case discussions, simulations, problem solving, and the application of learning that is charged experiental learning. The knowledge gained form Prodi MMPT is a big knowledge that is considered to be more global and comprehensive in the current work field of alumni. The advantages of learning in MMPT Study Program raises awareness for alumni that whatever work they do greatly contributes to the institution. The knowledge gained makes alumni more confident, sensitive and easy to empathizing with the existing conditions.
Kata Kunci : Alumni, Proses Pembelajaran, Manfaat Pembelajaran, Studi Kualitatif, Pendidikan Tinggi, Output, dan Outcome.