Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI DIGITALISASI PERBANKAN DAN PENERAPANNYA DALAM INDUSTRI BANK ASING DI INDONESIA

GABRIELA MAHODIM, Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.,

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Digitalisasi telah mengubah berbagai pola hidup masyarakat. Terjadinya perubahan digitalisasi menimbulkan kesempatan dan juga tantangan tersendiri dalam industri perbankan di Indonesia. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menganalisis fenomena terjadinya digitalisasi perbankan dalam industri Bank Asing di Indonesia. Penelitian ini dimulai dengan menganalisis kekuatan yang menggerakkan terjadinya perubahan. Perubahan yang terjadi dianalisis secara makro ekonomi menggunakan analisis PESTEL dan Model Lima Kekuatan Porter, sehingga ditemukan faktor-faktor terkuat yang mendorong terjadinya proses digitalisasi dalam industri perbankan Indonesia, baik dari sisi politik, hukum, ekonomi, sosial budaya, lingkungan, teknologi dan tarik-menarik persaingan dalam industri itu sendiri. Setelah analisis perubahan, penelitian ini juga melakukan proses identifikasi industri untuk menemukan faktor keberhasilan kunci atau Key Success Factor bagi penerapan digitalisasi perbankan, khususnya dalam industri Bank Asing di Indonesia. Setiap perusahaan di dalam industri pasti memiliki strategi kunci dalam menghadapi perubahan. Dalam industri perbankan, Bank Asing dinilai memiliki kebijakan yang unik dan khusus dibandingkan dengan Bank-bank Umum lainnya di Indonesia. Dalam melihat arah kebijakan Bank Asing, penelitian ini menganalisis bagaimana kedelapan Bank Asing yang termasuk dalam jajaran Bank Umum di Indonesia menerapkan faktor-faktor kunci keberhasilan tersebut dalam strategi digitalisasinya guna menghadapi perang digital dalam industri perbankan Indonesia.

Digitalization has changed the various patterns of society. It also creates opportunities and challenges in banking industry in Indonesia. The main objective of this study is to analyze the phenomenon of banking digitalization in Indonesian foreign bank industry. This study starts by analizing the driving forces of the banking digitalization. The changes that occured are analyzed with a macroeconomic approach using PESTEL Analysis and Porters Five Forces Model so that the strongest factors that drive the digitalization process in the Indonesian banking industry are discovered, both in terms of politics, law, economics, social culture, environment, technology and the attraction of competition in the industry itself. It also conducts an industry identification process in order to find key success factors for the application of banking digitalization strategy, particularly in Indonesian foreign bank industry. Most company in industry certainly has a key strategy in dealing with change. In the banking industry, foreign bank are considered to have unique and special policies compared to other commercial banks in Indonesia. With the aim of understanding the direction of foreign bank policy, this study analyze how the eight foreign banks, included in the ranks of commercial banks in Indonesia, applied the key success factors in their digitalization strategies to face the digital war competition in Indonesian Banking Industry.

Kata Kunci : digitalisasi perbankan, strategi digital, Bank Asing, analisis PESTEL, Porter�s Five Forces Model, Key Success Factor/banking digitalization, digital strategy, Foreign Bank, PESTEL analysis, Porter

  1. S2-2019-407198-abstract.pdf  
  2. S2-2019-407198-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-407198-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-407198-title.pdf