Strategi Organisasi Media dalam Menghadapi Tantangan Revenue dan SDM
AULIA RIZKY, Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni, S.I.P., M.Si
2019 | Tesis | MAGISTER ILMU KOMUNIKASIOrganisasi media berada dalam arus pusaran perubahan. Adanya pergeseran dalam tujuan organisasi, karyawan, proses kerja, munculnya teknologi produksi dan distribusi baru, serta meningkatnya persaingan audiens telah menuntut agar organisasi media dan professional dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang berubah dengan cepat. Perubahan ini dipandang sebagai tantangan yang penting untuk keberhasilan kompetitif bisnis. NET. Biro Yogyakarta menjadi salah satu organisasi media yang sedang berupaya menjawab tantangan finansial dan sumber daya manusia dari induk stasiun jaringan. Penelitian ini menekankan pada perspektif organisasi media secara lokal, bagaimana beradaptasi dan merumuskan strateginya sendiri. Sehingga, rumusan masalahnya adalah bagaimana strategi yang diterapkan NET. Biro Yogyakarta untuk menghadapi tantangan revenue dan SDM pada tahun 2018-2019. Terdapat dua sisi yang akan diuraikan yaitu manajemen dan keredaksian. Dengan menggunakan sudut pandang teori komunikasi organisasi dalam perubahan organisasi, konsep aktivitas organisasi media (manajemen dan keredaksian), dan perencanaan strategis dalam organisasi media untuk mengeksplor sejauh mana NET. Biro Yogyakarta dapat mempertahankan organisasinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus yang hasilnya disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menujukkan bahwa strategi yang digunakan yaitu mengelola aset digital yang dimiliki NET. Biro Yogyakarta dengan membuat divisi New Media sehingga menambah additional value untuk mengejar revenue dan memetakan kemampuan karyawan agar dapat melakukan peran ganda tapi tidak diwaktu yang sama. Secara keseluruhan fungsi-fungsi utama dari karyawan yang dibutuhkan dalam sebuah organisasi media tetap berjalan sebagaimana mestinya, namun dalam kondisi tertentu perannya dapat berubah.
Media organizations are in a vortex of change. Shifts in organizational goals, employees, work processes, the emergence of new production and distribution technologies, and increased audience competition have demanded that media and professional organizations adapt to rapidly changing circumstances. This change is seen as an important challenge for business competitive success. NET. Yogyakarta Bureau is one of the media organizations that is trying to answer the financial and human resources challenges from the central station network. This research emphasizes the perspective of local media organizations, how to adapt and formulate their own strategies. Thus, the formulation of the problem is how the strategy is implemented by NET. Yogyakarta Bureau to face revenue and human resources challenges in 2018-2019. There are two sides that will be described, namely management and editorial. By using the perspective of organizational communication theory in organizational change, the concept of media organization activities (management and editorial), and strategic planning in media organizations to explore the extent of the NET. Yogyakarta Bureau can maintain the organization. This research uses a case study research method with descriptive results. The results show that the strategy used is managing digital assets owned by NET. Yogyakarta Bureau by creating a New Media division that provide additional value to pursue revenue and managing the ability of employees to be able to perform multiple roles but not at the same time. Overall, the main functions of employees needed in a media organization work to function as they should, but under certain conditions, the role can change.
Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Tantangan Organisasi Media, Manajemen Media, Strategi Organisasi Media