Laporkan Masalah

STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY: Studi Kasus Strategi Komunikasi Corporate Social Responsibility dalam Program Jaminan Pangan Masyarakat (Japangmas) yang Dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) Terminal BBM Rewulu

Dina Oktafia Tri Utami, Drs. I Gusti Ngurah Putra, M.A.

2019 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Setiap program Corporate Social Responsibility (CSR) memerlukan sebuah strategi komunikasi untuk mencapai tujuan komunikasi secara efektif. Pertamina Rewulu merupakan perusahaan yang menerapkan strategi komunikasi dalam program CSR-nya, yakni Jaminan Pangan Masyarakat (Japangmas), dengan tujuan untuk perubahan perilaku dan peningkatan partisipasi penerima manfaat. Penelitian ini akan melihat bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Pertamina Rewulu dalam program CSR Japangmas untuk mencapai tujuan komunikasi. Metode penelitian menggunakan studi kasus deskriptif untuk menganalisis strategi komunikasi yang dilakukan dan pemikiran Arifin (1984) dan Suharto (2009) sebagai landasan teori. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, studi pustaka, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa Pertamina Rewulu menerapkan strategi komunikasi dari proses engagement hingga evaluasi. Teknik-teknik komunikasi yang digunakan menyesuaikan dengan karakteristik penerima manfaat. Strategi komunikasi ini telah menjadi strategi yang efektif dan tepat untuk mencapai tujuan komunikasi.

Every corporate social responsibility (CSR) program requires a communication strategy to achieve communication goals effectively. Pertamina Rewulu is a company that implements a communication strategy in its CSR program, namely Jaminan Pangan Masyarakat (Japangmas), to change the behavior and increase the participation of the beneficiaries. This study analyzes how the communication strategy of the Japangmas CSR program is carried out by Pertamina Rewulu to achieve the communication goals. The research method uses descriptive case studies to analyze the communication strategies and the ideas of Arifin (1984) and Suharto (2009) as the theoretical basis. The research data were collected through in-depth interviews, literature studies, and documentation. This study finds that Pertamina Rewulu implements the communication strategy from the engagement to the evaluation process. The communication techniques are adjusted to the character of the beneficiaries. This communication strategy has been an effective and proper strategy to achieve the communication goals.

Kata Kunci : corporate social responsibility, strategi komunikasi, Pertamina Rewulu

  1. S1-2019-378640-abstract.pdf  
  2. S1-2019-378640-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-378640-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-378640-title.pdf