Laporkan Masalah

ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL KLINIK PRATAMA ASTA MEDIKA YOGYAKARTA

RAKHMAT DARAINI, Dr. dr. Andreasta Meliala, DPH., M.Kes., MAS.

2019 | Tesis | MAGISTER ILMU KESEHATAN MASYARAKAT

Latar belakang: Semakin ketatnya persaingan dalam bidang kesehatan khususnya dalam hal pelayanan kesehatan membuat setiap fasilitas kesehatan harus membuat analisis internal dan eksternal yang menggunakan analisis SWOT (Streght, Weakness, Opportunity, threats), Klinik Asta Medika merupakan klinik pratama yang tergolong baru dan membutuhkan perencanaan kedepan yang matang agar dapat bersaing dengan kompetitor yang sekelas dan berada di sekitar Klinik sehingga dapat bertahan menghadapi persaingan yang ada. Tujuan: Mengetahui dan menganalisa faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) di Klinik Asta Medika yang mempengaruhi pengembangan Klinik Asta Medika dan strategi pengembangan Klinik Asta Medika. Metode: Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif dengan pendekatan study kasus. Tempat penelitian ini adalah Klinik Asta Medika Yogyakarta. Pengamatan dan pengambilan data akan di lakukan pada bulan Juni 2019 selama 1 minggu. pengambilan data dengan kuisioner. Hasil dan pembahasan: Dari hasil analisis SWOT dan skoring dengan jumlah koresponden sebanyak 75 orang yang di bagikan kuesioner di dapati hasil tabel IFAS ( 1,625) dan EFAS (1,025) maka posisi Klinik Asta Medika berada pada posisi Kuadran 1 dimana pada kuadran tersebut merupakan situasi yang sangat menguntungkan, Klinik Asta Medika memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Kesimpulan dan saran: Strategi yang dapat di terapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth oriented strategy). Strategi yang dapat di terapkan oleh Klinik Asta Medika adalah strategi SO yakni strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang pada kondisi saat ini. Meningkatkan kerjasama dengan BPJS dan melakukan promosi fasilitas BPJS yang di berikan oleh Klinik Asta Medika sehingga dapat meningkatkan kunjungan pasien. Meningkatkan promosi dan pengenalan terhadap Klinik Asta Medika dan Menjaga kelengkapan obat-obatan.

Background: The competition in health sector, especially in health care being more tight. It makes every health care facility must do the internal and external factors analysis of their own place. SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, and Threats) analytical method is one of analytical method that can be used for evaluation the internal and external factors in health care facilities. Asta Medika Health Clinic is classified to new clinic and it needs mature planning so that Asta Medika Health Clinic can compete with other health clinic surround it and survive when facing the health care competition. Objective: To know and analyze internal factors (strengths and weakness) and external factors (opportunities and threats) in Asta Medika Health Clinic which can help for designing development strategies of Asta Medika Health Clinic and the development of Asta Medika Health Clinic. Methods: The method used in this study is a qualitative method with a case study approach. The place of this research is the Asta Medika Clinic Yogyakarta. Observation and data collection will be conducted in June 2019 for 1 week. retrieval of data by questionnaire. Results: From the results of the SWOT analysis and scoring with the number of correspondents as many as 75 people who distributed the questionnaire found the results of IFAS (1,625) and EFAS (1,025) then the position of Asta Medika Clinic is in the Quadrant 1 position where the quadrant is a very favorable situation, Clinic Asta Medika has the opportunity and strength so that it can take advantage of the opportunities that exist Conclusion: The strategy that can be applied in this condition is to support aggressive growth policies (Growth oriented strategy). The strategy that can be implemented by the Asta Medika Clinic is the SO strategy, namely a strategy that uses the power to take advantage of opportunities that are in the current condition. Increase collaboration with BPJS and promote BPJS facilities provided by the Asta Medika Clinic so as to increase patient visits. Increase promotion and introduction to the Asta Medika Clinic and Maintain complete medicines.

Kata Kunci : Analisis lingkungan, Analisis internal dan eksternal, SWOT analisis, Environmental analysis, internal and external analysis, SWOT analysis

  1. S2-2019-403333-abstract.pdf  
  2. S2-2019-403333-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-403333-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-403333-title.pdf