Laporkan Masalah

Analisis Strategi Pemanfaatan Business Intelligence Untuk Penetapan Critical Success Factor Perusahaan, Penelitian pada PT Astra International Tbk

BRYANEXCIO TAYU, Agus Setiawan, Drs., M.Soc.Sc., Ph.D.

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Strategi merupakan serangkaian tindakan yang diambil oleh eksekutif dan level manajerial untuk mengungguli kompetitor perusahaan sehingga memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya (Thompson dkk, 2016). Parameter kesuksesan strategi suatu perusahaan adalah membentuk CSF sehingga organisasi dapat mengukur tingkat performasinya (Harold, 2001). Salah satu bentuk penerapan strategi perusahaan adalah pemanfaatan teknologi. Permasalahannya adalah kemampuan menganalisis karyawan, data inconsistency, keterbatasan akan pengetahuan dan pemanfaatan teknologi serta personal issue karyawan yang menjadi halangan suatu perusahaan dalam proses pencapaian target. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi poin keberhasilan dan kegagalan CSF bagi perusahaan, menganalisis strategi pemanfaatan teknologi business intelligence guna menetapkan CSF serta mengevaluasi atas bentuk penerapan yang ideal bagi perusahaan PT Astra International Tbk kaitannya antara hubungan pemanfaatan teknologi dengan analisis CSF. Penelitian ini menggunakan sasaran eksploratif, confirmatory dan developmental dalam bentuk beberapa analisis serta menggunakan data kualitatif deskriptif lewat wawancara ke responden yang kompeten dalam menjawab permasalahan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi business intelligence memiliki dampak positif kepada perusahaan untuk meningkatkan proses analisis critical success factor serta bermanfaat dan ideal bagi karyawan maupun eksekutif untuk mendukung pencapaian target perusahaan walaupun di sisi lain perlu terus dikembangkan pemahaman yang baik atas pemanfaatan teknologi serta kemampuan menganalisis.

Strategi merupakan serangkaian tindakan yang diambil oleh eksekutif dan level manajerial untuk mengungguli kompetitor perusahaan sehingga memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya (Thompson dkk, 2016). Parameter kesuksesan strategi suatu perusahaan adalah membentuk CSF sehingga organisasi dapat mengukur tingkat performasinya (Harold, 2001). Salah satu bentuk penerapan strategi perusahaan adalah pemanfaatan teknologi. Permasalahannya adalah kemampuan menganalisis karyawan, data inconsistency, keterbatasan akan pengetahuan dan pemanfaatan teknologi serta personal issue karyawan yang menjadi halangan suatu perusahaan dalam proses pencapaian target. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi poin keberhasilan dan kegagalan CSF bagi perusahaan, menganalisis strategi pemanfaatan teknologi business intelligence guna menetapkan CSF serta mengevaluasi atas bentuk penerapan yang ideal bagi perusahaan PT Astra International Tbk kaitannya antara hubungan pemanfaatan teknologi dengan analisis CSF. Penelitian ini menggunakan sasaran eksploratif, confirmatory dan developmental dalam bentuk beberapa analisis serta menggunakan data kualitatif deskriptif lewat wawancara ke responden yang kompeten dalam menjawab permasalahan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi business intelligence memiliki dampak positif kepada perusahaan untuk meningkatkan proses analisis critical success factor serta bermanfaat dan ideal bagi karyawan maupun eksekutif untuk mendukung pencapaian target perusahaan walaupun di sisi lain perlu terus dikembangkan pemahaman yang baik atas pemanfaatan teknologi serta kemampuan menganalisis.

Kata Kunci : Strategi, Business Intelligence, CSF, Determinasi, Target Perusahaan

  1. S2-2019-387241-abstract.pdf  
  2. S2-2019-387241-tableofcontent.pdf  
  3. S2-2019-387241-title.pdf