ANALISIS STRATEGI BERSAING PT. DEVINDO SURYA AMORA
RIANA PURWANDANI, Amin Wibowo,M.B.A., Ph.D
2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia tergolong pesat, hal ini dilatarbelakangi semakin meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia dalam menjaga penampilan. Kesadaran terhadap tidak hanya dialami oleh wanita dan pria Indonesia, terutama di daerah perkotaan. Jumlah konsumsi kosmetik yang meningkat, membuat para pelaku bisnis kosmetik berlomba untuk memberikan produk kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan para konsumen Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memformulasikan strategi bersaing yang tepat untuk diterapkan oleh PT Devindo Surya Amora dengan melihat kondisi eksternal dan internal perusahaan diawal penelitian Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dimana data yang diperoleh berasal dari wawancara, diskusi dan data historis baik yang bersumber dari eksternal maupun internal perusahaan. Analisa eksternal menggunakan analisa PESTEL dan Portes Five Forces. Analisis internal menggunakan analisa Rantai Nilai (Value Chain) dan analisa SWOT. Formulasi alternatif strategi bersaing dilakukan dengan menggunakan analisis strategi generic porter. Berdasarkan hasil analisis ektenal dan internal perusahaan, menunjukan bahwa PT Devindo Surya Amora memiliki beberapa keunggulan bersaing yang kuat dibandingkan dengan pesaingnya seperti tim R&D yang kuat serta berpengalaman dibidangnya, ijin pembuatan kosmetik (CPKB) dengan fitur yang lengkap dan harga yang bersaing. Alternatif yang sebaiknya diterapakan oleh PT Devindo Surya Amora adalah diferensiasi dengan mengedepankan keragaman varian dari produk serta tetap menggunakan bahan baku yang berkualitas, meningkatkan pemasaran dan layanan secara digital serta meningkatkan kompetensi SDM PT Devindo Surya Amora
The industry of cosmetics in Indonesia is growing rapidly; this is supported by the growth of Indonesian citizens awareness in keeping their appearance intact. The growing number of cosmetics consumption leads the businessmen to being competitive in creating and providing cosmetic product which is suitable for consumer in Indonesia. This research aims to formulating competitive strategies to be implemented to PT Devindo Surya Amora by considering initial external and internal condition in the start of the research. The research uses descriptive method; the data is gained from interviews, discussions, and historical data from both internal and external of the company. External analysis uses analysis of Porters Five Forces. Internal analysis uses analysis of Value Chain and SWOT. Formulation of competitive-alternative strategic is done by using the analysis of Porters generic strategy. Based on the result of external and internal analysis, it can be pointed out the PT Devindo Surya Amora has some strong excellences comparing to its competitor; strong and experienced R&D team, permit of cosmetic production with complete features, and competitive price. The recommended alternative strategic for PT Devindo Surya Amora is differentiation by putting forward number of product variance and keep the usage of high-quality raw material, increasing marketing, developing digital service, and increasing the quality of human resources in PT Devindo Surya Amora.
Kata Kunci : Competitive strategics, Porters five forces analysis, PESTEL, SWOT analysis, competitive excellence, PT Devindo Surya Amora