Laporkan Masalah

EVALUASI STRATEGI BERSAING PT. UNITED TRACTORS PANDU ENGINEERING DI SEKTOR NON MINING

ANNAS FRESTI HABIBIE, Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Hampir 80% pendapatan PT. United Tractors Pandu Engineering (UTPE) diperoleh dari penjualan peralatan di sektor pertambangan batubara, yang menjadikan pertumbuhan PT. United Tractors Pandu Engineering (UTE) sangat tergantung pada situasi bisnis di sektor pertambangan (mining) batubara ini yang dikendalikan oleh perkembangan harga batubara yang sangat sulit untuk diprediksi. Oleh karena itu penguatan bisnis non Mining yang dalam hal ini sektor konstruksi dan logistik menjadi sangat penting bagi perusahaan untuk mengurangi resiko terhadap dinamisnya industri batubara. Kondisi industri dan persaingan yang berbeda dari industri mining menyebabkan PT.UTPE kesulitan untuk bersaing di sektor kontruksi dan logistikini, hal ini bisa dilihat dalam 4 tahun terahir PT.UTPE tidak bisa memperbesar prosentase penjualannya di sektor ini. Untuk itu tesis ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisa kembali kondisi industri di sektor baru ini dan kemudian mengevaluasi strategi yang dilaksanakan oleh PT.UTPE untuk bisa memenangkan kompetisi di sektor konstruksi dan logistik ini. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dari Desember 2018 hingga mei 2019. Analisis internal perusahaan dilakukan dengan melakukan wawancara kepada beberapa responden didukung dengan data internal perusahaan. Sedangkan analisis eksternal perusahaan dilakukan secara makro menggunakan analisis PESTEL dan secara mikro menggunakan analisa 5 kekuatan. Dari analisa internal eksternal tersebut kemudian dilakukan pencocokan dan perumusan strategi dengan menggunakan alat IE Matrik. Dari penelitian ini ditemukan bahwa kekuatan utama dari perusahaan adalah dalam hal pengembangan produk melalui kekuatan engineeringnya, akan tetapi dari hasil evaluasi diketahui bahwa disektor konstruksi ini perusahaan belum memaksimalkan kelebihan yang dipunyai dalam hal pengembangan produk ini untuk bersaing dengan kompetitor.

Almost 80% of PT.United Tractors Pandu Engineering revenue was obtained from equipment sales in the coal mining sector, which made the growth of PT. United Tractors Guide Engineering (UTE) is very dependent on the business situation in the coal mining sector which is controlled by the dinamics of coal prices which are very difficult to predict. Therefore strengthening the non-mining business, in this case the construction and logistics sector is very important for companies to reduce the risk of the dynamic coal industry. Different Industrial situation and competition from the mining industry have caused PT.UTPE difficult to compete in this sectors, it can be seen in the last 4 years PT.UTPE cannot increase its sales percentage in this sector. For this reason, this thesis aims to review and reanalyze the condition of the industry in this new sector and then evaluate the strategies implemented by PT. UTPE to win the competition in this construction and logistics sector. This research is descriptive qualitative and quantitative conducted from December 2018 to May 2019. The company's internal analysis is carried out by conducting interviews with several respondents supported by the company's internal data. While the external analysis of the company is carried out on a macro basis using PESTEL analysis and micro structure using 5 Forces analysis. From the external internal analysis, the strategy is then matched and formulated using the IE Matrix tool. From this study it was found that the main strength of the company is product development cababilities through its engineering strength, but from the evaluation results it is known that in the construction sector the company has not maximized the advantages it has in product development to compete with competitors.

Kata Kunci : faktor internal, faktor eksternal, strategi bersaing, IE Matrik, PT United Tractors Pandu Engineering

  1. S2-2019-387223-abstract.pdf  
  2. S2-2019-387223-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-387223-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-387223-title.pdf