Kajian Strategi CSV (Creating Shared Value) Sebagai Pendukung Keberlanjutan Keunggulan Competitive PT Archi Indonesia
FISTARENI NIRBITA, Dr Suhartono, M.B.A , M.A
2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang dikeluarkan oleh Kementrian ESDM menuntut para pengusaha tambang untuk melakukan program PPM tersebut. Praktik CSR (Corporate Social Responsibility) dalam industri pertambangan ini sangatlah penting, selain bentuk kepatuhan terhadap pemerintah melainkan sebagai suatu peluang untuk menarik perhatian dan restu masyarakat setempat untuk dapat mendukung kelancaran kegiatan pertambangan di wilayah tersebut. CSV (Creating Shared Value) merupakan program perkembangan dari CSR, karena selain membantu memberikan kesempatan pada masyarakat untuk mengembangkan perekonomian wilayah sekitar lingkar tambang, tetapi juga dapat membuat nilai (value creation) dan memberikan nilai tambah (value added) yang mendorong masyarakat agar mandiri dalam meningkatkan potensi perekonomian di daerahnya. Hal ini merupakan suatu peluang juga bagi perusahaan untuk dapat meningkatkan nilai dan sebagai strategi untuk mendukung keberlanjutan keunggulan competitive perusahan dengan cara memberikan pencitraan yang baik dimata masyarakat dan pemerintah serta dapat meningkatkan efisiensi dengan mengintegrasikan program CSV dengan rantai nilai aktivitas (value chain activities) di perusahaan sehingga dapat membentuk value coalitions, hal ini tentunya terkait dengan kegiatan operasi perusahaan. Misalnya, program pengembangan masyarakat atau CSV ini mendorong orang-orang di sekitar area penambangan untuk menjadi pemasok yang memenuhi syarat untuk kebutuhan penambangan sebagai produksi utama mereka dan selain itu masyarakat sekitar lingkar tambang juga dituntut untuk dapat memproduksi barang sekunder yang dapat dijual dipasar , berkualitas baik dan dapat bersaing.
The Community Empowerment Development Program (PPM) issued by the Ministry of Energy and Mineral Resources demands that mining companies conduct the PPM program. The practice of CSR (Corporate Social Responsibility) in the mining industry is very important, in addition to the form of compliance with the government but as an opportunity to attract the attention and blessing of local communities to be able to support the smooth operation of mining in the region. CSV (Creating Shared Value) is a development program of CSR, because in addition to helping provide opportunities for the community to develop the economy of the region around the mine, but also can create value (value creation) and provide added value (value added) that encourage people to be independent in increasing economic potential in the region. This is an opportunity for companies to be able to increase value and as a strategy to support the sustainability of the company's competitive advantage by providing good imagery in the eyes of the public and the government and can improve efficiency by integrating CSV programs with value chain activities in companies so that it can form value coalitions, this is certainly related to the company's operations. For example, the community development program or CSV encourages people around the mining area to become suppliers that fulfill the requirements for mining needs as their main production and besides that communities around the mine are also required to produce secondary goods that can be sold in the market, of good quality and can compete.
Kata Kunci : Corporate Social Responsibility , Creating Shared Value, Value creation, Value Added, Value Chain Activities, Value Coalitions, Efficiency, Competitive Advantage Strategy