Laporkan Masalah

INOVASI PADA UMKM PAKAIAN MUSLIM DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN NILAI-NILAI KEISLAMAN SEBAGAI SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE

ASEP MAKSUM, Rika Fatimah, ST, M.Sc, Ph. D

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi inovasi pada UMKM pakaian Muslim dengan menggunakan pendekatan nilai-nilai keislaman sebagai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Adapun penilaian untuk penelitian ini, menggunakan kriteria nilai - nilai fundamental Islam dan prinsip – prinsip bisnis dalam Islam serta kriteria prosedur sertifikasi jaminan halal. Fokus utama penelitan ini adalah mengidentifikasi pemahaman nilai-nilai keislaman untuk dijadikan dasar dalam melakukan inovasi di dalam UMKM pakaian muslim. Setelah mendapatkan data, maka masing-masing UMKM pakaian muslim dianalisa dengan setiap kriteria penilaian yang ada. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa hampir semua UMKM pakaian muslim memenuhi kriteria penilaian inovasi berdasarkan nilai-nilai keislaman, dan tidak untuk kriteria pemenuhan sertifikasi jaminan halal. Dari hasil tersebut juga dapat diungkapkan bahwa inovasi yang dilakukan berdasarkan nilai-nilai keislaman hanya masuk kriteria bernilai (valuable) dan langka (rarely), serta belum bisa memenuhi kriteria tidak bisa ditiru (inimitable) dan tidak bisa tergantikan (non-substituable).

This study aims to identify innovations on Muslim clothing MSMEs by using Islamic Value approach as a sustainable competitive advantage. The assessment for this research has used the criteria of fundamental Islamic values and business principles in Islam and also has used the procedure criteria for the halal guarantee certification. The main focus of this research is identifying the understanding of Islamic values to be used as the basis for innovation in Muslim clothing MSMEs. After obtained the data, each Muslim clothing MSMEs is analyzed by each assessment criterion. The results of this study revealed that almost all Muslim clothing MSMEs meet the assessment criteria for innovation based on Islamic values, but not for fulfilling halal guarantee certification criteria. From theses result, it is revealed that innovations which carried out based on Islamic values are only included in the valuable and rare criteria, and cannot meet the inimitable and non-Substitutable criteria

Kata Kunci : Inovasi, Nilai-Nilai Keislaman, Pakaian Muslim, Sertifikasi Jaminan Halal, Sustainable Competitive Advantage.

  1. S2-2019-417390-abstract.pdf  
  2. S2-2019-417390-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-417390-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-417390-title.pdf