Peran Pemuda KKN-PPM UGM Dalam Pengembangan dan Promosi Desa Wisata (Studi Kasus Peran Pemuda KKN-PPM UGM Dalam Pengembangan dan Promosi Desa Wisata Taraju, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat
ANNISA MAHYADINI, Dr. Rahayu, S.I.P., M.Si., M.A.
2019 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASIDewasa ini, pengembangan desa wisata telah menjadi alternatif bagi pembangunan ekonomi lokal yang banyak diterapkan di berbagai wilayah di Indonesia. Desa Taraju, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat merupakan salah satu desa yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang dapat dijadikan sebagai daya tarik wisata. Penelitian ini berusaha memaparkan peran pemuda KKN-PPM UGM 2014-2018 dalam mengembangkan Desa Taraju menjadi sebuah Desa Wisata. Kegiatan tersebut dilakukan menggunakan konsep pengembangan destinasi desa wisata yang terdiri dari akomodasi, atraksi dan amenitas. Setelah menggunakan konsep pengembangan desa wisata, Desa Taraju melakukan kegiatan promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, penjualan perorangan, dan publisitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumen. Data yang didapatkan dianalisis dan disajikan dalam bentuk uraian yang disusun secara detail dan sistematis. Melalui perannya, pemuda KKN mampu membantu masyarakat Desa Taraju dalam menyumbangkan ide-ide serta melatih keterampilan dalam menjual keanakeragaman yang dimiliki oleh Desa Taraju khususnya dalam promosi desa wisata.
Development of tourist village has become an alternative for local economic development which is applied in various region in Indonesia. Taraju village, Taraju sub-district, Tasikmalaya district, West Java is one of the village that has natural resources which can be used an attraction for tourist. This research will explain the role of KKN-PPM UGM 2014-2018 youths to develop Taraju village being a tourist village. The development of Taraju village being a tourist village will using development concept consist of accomodation, attraction, and amenity. After using that development concept, it will be promoted by using advertising, sales promotion, personal selling, and publicity. Methods used in this research is a case study. Data collection method is using deep interview, obeservation and document. Data collected will be analyzed and presented in description which is arranged in a detailed and systematic manner. Though the role of KKN youth, they are able to help the people in Taraju village to contributes the idea also to pratice the skills to promote any nature variety that owned by Taraju village espescially in the promotion of tourist villages.
Kata Kunci : Pengembangan Desa Wisata, Promosi, Peran Pemuda, Desa Wisata Taraju, Pemuda KKN-PPM UGM