PROSES PEMILIHAN EMPLOYEE OF THE MONTH SEBAGAI PROGRAM REWARD BAGI STAFF DI HOTEL GRAND KEISHA YOGYAKARTA
HIFRAN MUMAIYIZ A, Carlos Iban, S.S., M.Sc.
2019 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATAKaryawan atau sumber daya manusia mempunyai peran penting dalam tercapainya tujuan dari hotel. Hotel Grand Keisha Yogyakarta berkomitmen untuk menghasilkan sumber daya manusia yang profesional dan berkualitas tinggi, karena sumber daya manusia yang berkualitas merupakan aspek penting dalam mempertahankan keunggulan kompetitif dan strategi bisnis Hotel Grand Keisha Yogyakarta. Reward kepada staff berprestasi merupakan salah satu langkah untuk memberi motivasikan kepada staff agar mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya. Employee of the month adalah program di Hotel Grand Keisha Yogyakarta yang diberikan kepada staff yang memiliki peforma kerja maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemilihan dan bagaimana peran Human Resources Department dalam melaksanakan program Employee of the month. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi keadaan yang ada di lapangan dan wawancara secara langsung kepada karyawan di Hotel Grand Keisha Yogyakarta. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan dengan cara wawancara dan observasi langsung di Grand Keisha Hotel Yogyakarta, sedangkan data sekunder didapatkan dari buku maupun sumber lainnya. Berdasarkan penelitian ini proses pemilihan Employee of the Month sudah terstruktur dan berjalan dengan semestinya. Akan tetapi Human Resources department harus mulai berkreasi dalam melaksanakan program Employee of the month ini agar antusiasme seluruh staff terhadap program ini tinggi.
Employees or human resources have an important role in achieving the objectives of the hotel. Grand Keisha Hotel Yogyakarta is committed to producing professional and high-quality human resources, because quality human resources are an important aspect in maintaining competitive advantage and business strategy of Grand Keisha Hotel Yogyakarta. Reward for outstanding staff is one step to motivate staff to maintain and improve their performance. Employee of the month is a program of the Grand Keisha Yogyakarta Hotel that is given to staff who have maximum work performance. The purpose of this study was to determine the selection process and the role of the Human Resources Department in implementing this Employee of the month program. The type of research used descriptive qualitative approach by observing existing conditions in the field and interviewing directly to employees at the Grand Keisha Hotel Yogyakarta. The types of data used are primary data and secondary data. Primary data is obtained by interview and direct observation at Grand Keisha Hotel Yogyakarta. While secondary data is obtained from books and other sources. Based on this research, the Employee of the Month selection process has been structured and running properly. However, the Human Resources department must begin to create this Employee of the month program so that the enthusiasm of all staff towards this program is high.
Kata Kunci : Reward; Employee of the month; Human Resources Department; Grand Keisha Yogyakarta; Staff