Laporkan Masalah

NEW WAVE TACTICS DALAM PERUSAHAAN PENGELOLA ASET (PPA) TRIP 2019 OLEH WTM EVENT MANAGEMENT YOGYAKARTA

IRVANI PUTRI, Arina Pramusita, S.I.P., M.Si

2019 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

New Wave Tactics merupakan hal atau cara yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk membentuk kepuasan, values pada produk serta bagaimana cara untuk membuat customer melakukan marketing bagi perusahaan. Hal tersebut dikarenakan oleh New Wave Marketing sebagai bentuk strategi pemasaran yang menjadi bentuk pergeseran dari pemasaran era Legacy. Strategi pemasaran ini lebih berfokus pada bagaimana perusahaan mampu menyentuh pihak yang terlibat dengannya untuk melakukan pemasaran secara tidak langsung untuk menghasilkan efek pemasaran yang lebih impactful. Penerapan strategi ini juga dilakukan dalam praktek bisnis PT Werkudara Nirwana Sakti yang bentuk implementasi New Wave Tactics terdapat pada proses event planning bersama klien, termasuk PT Perusahaaan Pengelola Aset yang sudah empat tahun menggunakan jasa WTM Event Management dan seharusnya berlanjut setelah event. Penelitian ini dalam prosesnya menggunakan metode penelitian kualitatif dan diuraikan secara deskriptif untuk memudahkan penggambaran pengimplementasian New Wave Marketing dalam bidang manajemen event, khususnya dalam event yang jauh dari zona nyaman perusahaan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk hubungannnya dengan PT Perusahaan Pengelola Aset saat ini WTM Event Management penerapan New Wave Tactics hanya sampai tahap Communal Activation, yang merupakan unsur keempat dari enam unsur yang ada.

New Wave Tactics is one of the way any company create a satisfaction, values on each product and also how to make the clients do marketing for the company. That thing is actually can happen because New Wave Marketing is the new form of the Legacy Marketing movement. This marketing strategy is focused on how the company touch their surroundings to do the marketing for them, which somehow could led to an impactful marketing for them. The implementation of this strategy is somehow also being used in event management business, like what PT Werkudara Nirwana Sakti have done without really conscious about the use of the strategy. That fact was led to do this research on how New Wave Tactics is being implemented on event management business, especially on what elements that is used for the business. This research on its process was using qualitative research and using description to explain the strategy that is being implemented by the company, especially on how they do the tactics for the repeater client such PT Perusahaan Pengelola Aset that already used WTM Event Managements service for four years. The result of the research that took PPA Trip 2019 as the sample shows that New Wave Tactics that has been implemented for PT Perusahaan Pengelola Aset only reach the Communal Activation which is the fourth state of six states that exist in New Wave Tactics.

Kata Kunci : New Wave Marketing, Strategi Pemasaran, Manajemen Event, Event Delivery

  1. D3-2019-401196-abstract.pdf  
  2. D3-2019-401196-bibliography.pdf  
  3. D3-2019-401196-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2019-401196-title.pdf