Analisis Motivasi Kerja Karyawan sebagai Strategi Peningkatan Loyalitas Kerja Karyawan di Sofia Boutique Residence Yogyakarta
THERESIA SATYA C, Anik Nuryani, S.S., M.Sc
2019 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATAMotivasi kerja karyawan adalah dorongan dari dalam individu yang membuat setiap individu terdorong untuk melakukan yang terbaik dalam bekerja dan merasa yang paling baik diantara yang lainnya. Motivasi kerja karyawan sangat penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan. Motivasi kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain komunikasi yang terjalin dengan baik, penghargaan yang diterima oleh karyawan, pelatihan kerja, pembagian tugas kerja yang jelas, serta tanggung jawab yang dipegang oleh masing-masing karyawan. Motivasi kerja merupakan salah satu yang dapat mempengaruhi loyalitas karyawan terhadap suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi kerja karyawan di Sofia Boutique Residence serta upaya peningkatan loyalitas pekerja yang bekerja di Sofia Boutique Residence. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari hasil kuesioner dan wawancara tidak terstruktur, data sekunder didapatkan dari hasil dokumentasi yang dilakukan selama penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan macam-macam motivasi kerja yang dimiliki oleh karyawan di sofia Boutique Residence serta upaya-upaya yang dapat dilakukan oleh manajemen dalam mempertahankan sikap loyalitas karyawan sehingga dapat mengurangi turn over
Motivation of employee work is an encouragement from within the individual that makes each individual motivated to do the best in working and feeling the best among the others. Employee motivation is very important in the sustainability of a company. Work motivation is influenced by several factors including wellestablished communication, rewards received by employees, job training, distribution of job descriptions that are clear, and responsibilities held by each employee. Work motivation is one that can affect employee loyalty to a company. This study aims to determine the work motivation of employees at Sofia Boutique Residence and efforts to increase the loyalty of workers who work at Sofia Boutique Residence. The research method used is quantitative descriptive. The data sources used are primary data and secondary data. Primary data obtained from the results of questionnaires and unstructured interviews, secondary data obtained from the results of documentation carried out during the study. The results of the study reveal the kinds of work motivation that are owned by employees at Sofia Boutique Residence as well as the efforts that can be made by management in maintaining employee loyalty so as to reduce turnover
Kata Kunci : Kata kunci : turn over karyawan,motivasi kerja, loyalitas karyawan / Keywords: employee turnover, work motivation, employee loyalty