TINJAUAN TEORI INTERPELASI IDEOLOGI LOUISE ALTHUSSER TERHADAP PERAN DAN DAMPAK IKLAN DI MASYARAKAT
ALLRIZKY STEFANUS, DR. Sendung Tjahyadi, M.Hum
2019 | Skripsi | S1 FILSAFATPenelitian ini merupakan hasil dari ketertarikan peneliti terhadap masifnya peran media massa, khususnya iklan. Penelitian ini berjudul "Tinjauan teori Interpelasi Ideologi Louise Althusser Terhadap Peran dan Dampak Iklan di Masyakarat". Penelitian ini membahas secara khusus pengaruh iklan secara konspetual dan fungsional dalam masyarakat, yaitu upaya iklan yang berhasil mempengaruhi kesadaran dan ideologi seseorang dalam bentukan realitas semu yang dengan memutarbalikan logika fungsional dengan logika hasrat. Pemikiran teori Interpelasi ideologi Althusser merupakan objek formal yang digunakan untuk menganalisis permasalahan ideologi dan kesadaran atas pengaruh iklan. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, menjelaskan teori Interpelasi ideologi Althusser. Kedua, menjelaskan pengaruh iklan di masyarakat. Ketiga, menganalisis pengaruh iklan di masyarakat ditinjau dari teori interpelasi ideologi Louise Althusser. Peneliti menggunakan metode penelitian kepustakaan berdasar tokoh untuk menganalisis pengaruh iklan di masyarakat ditinjau dari teori interpelasi ideologi Louise Althusser. Peneliti menggunakan bukt-buku pokok yang mengulas tentang iklan dan pemikiran teori interpelasi ideologi Louise Althusser sebagai banan primer, serva banan sekunder atau bahan pendukung mengenai objek material dan objek formal penelitian seperti interpretasi, solistica dan heuristika dan refleksi peneliti pribadi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa iklan menggiring kesadaran seorang ke dalam realitas semu. Realitas semu dari iklan ini menggunakan tujuan bagi perkembangan budaya konsumerisme. Keberlangsungan dari fundamental ideologi dari budaya konsumerisme ini menurut Althusser merupakan hasil dari reproduksi yang dilakukan terus menerus oleh relasi sosial dari pemilik kuasa ideologis terhadap salarna ideologis. Penulis menyimpulkan bahwa setiap individu sudah seharusnya menumbuhkan kesadaran dan mulai memahami segala bentuk perubahan pola di masyarakat guna meniga stabilitas sosial.
This research is the result of researchers' interest in the massive role of mass media, especially in advertising. This research is entitled "Overview of Louise Althusser's Interpellation of Ideology Theory of the Effects of Advertisements in Society". This study specifically discusses the influence of conceptual and functional advertising in society, namely advertising efforts that successfully influence one's consciousness and ideology in the formation of false reality by distorting functional logic of desire. The thought of Althusser's ideological interpellation theory is a formal object used to analyse ideological problems and awareness of the influence of advertising. The purpose of this study is first, to explain ideological intperpellation theory of Althusser. Second, explain the influence of advertising in society in terms of ideological interpellation theory Louise Althusser. The researcher used a library research method based on figures to analyze the influence of advertising in society in terms of ideological interpellation theory Louise Althusser. The researcher used the main books that reviewed the adverts and ideas of Louise Althusser's ideological interpellation theory as primary object and formal object of research. in the analysis section, researchers use several stages of reseacrh such as interpretation, holistic, and heuristics and reflection of personal researchers. The result of this study is that advertising accompanies a person's consciousness into false reality. The false reality of this advertisement is a goal for development of a culture of consumerism. The continuity of the fundamental ideology of consumerism culture according to Althusser is the result of reproduction carried out continuously by the social relations of the owner of ideological power to ideological goals. The author concludes that every individual should have raised awareness and began to grasp all forms of changing patterns in the community to maintain social stability.
Kata Kunci : Kata Kunci : Iklan, Masyarakat, Interpelasi Ideologi, Kapitalisme/ Keywords : Advertising, Society, Interpellation of Ideologi Theory, Capitalism