PENATAAN ARSIP DINAMIS INAKTIF DI BAGIAN SEKRETARIAT BADAN PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN PURWOREJO
FAUZIA MAHARANI, Lastria Nurtanzila, S.IP., M.A.P.
2019 | Tugas Akhir | D3 KEARSIPANLaporan tugas akhir ini membahas tentang penataan arsip dinamis inaktif di Bagian Sekretariat Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purworejo. Tujuan dari laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui proses penataan arsip dinamis inaktif, sarana prasarana, serta hambatan yang dihadapi dalam melakukan penataan arsip dinamis inaktif di instansi ini. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan laporan tugas akhir ini meliputi tiga metode, yaitu studi pustaka, observasi partisipatif, serta wawancara. Metode studi pustaka adalah metode pengumpulan data dengan cara menelaah terhadap berbagai referensi (buku, jurnal ilmiah, literatur, catatan, serta berbagai laporan yang terkait). Observasi partisipatif adalah kegiatan observasi di mana observer turun langsung secara aktif dalam obyek yang diteliti. Kegiatan wawancara dilakukan dengan beberapa pegawai di Bagian Sekretariat Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purworejo. Penataan arsip dinamis inaktif di Bagian Sekretariat Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purworejo, adalah penataan arsip dinamis inaktif teratur. Sarana dan prasarana yang digunakan adalah boks arsip, rak arsip, troli, paper clip, binder clip, laptop dan komputer, Microsoft Excel, stapler, sumber daya manusia, tali rafia, label berwarna putih, serta ruang penyimpanan (records center). Sedangkan hambatan yang terjadi pada instansi ini dalam penataan arsip dinamis inaktif mereka adalah terbatasnya ruang penyimpanan arsip dinamis inaktif atau records center, di setiap unit pengolah selain Bidang Sekretariat tidak terdapat arsiparis atau petugas kearsipan, dan sistem penyusutan arsip yang belum berjalan dengan baik.
This final report discusses about the arrangement of inactive records in Bagian Sekretariat Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purworejo. The purpose of this final report is to find out the process of inactive records, facilities that they used, and constraints faced in Bagian Sekretariat Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purworejo. Method of data collection used in the final report writing includes three methods, namely the study of the literature, observation of participation, as well as interviews. Method study of the literature is a method of data collection by way of reviewing against various references (books, scientific journals, literature, notes, as well as various related reports). Participatory observation is an activity in which the observer actively down directly in the object examined. Activity interview is done with some employees in Bagian Sekretariat Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purworejo. The arrangement of inactive records in Bagian Sekretariat Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purworejo is the arrangement of inactive records ordered. Infrastructure and facilities that they used are archive box, archive shelves, trolley, computer, stapler, paper clip, binder clip, human resources, rope, white label, and records center. While the obstacles occurred in Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purworejo are the limited records center, the limited human resources, and the archive depreciation system that has not gone well.
Kata Kunci : arsip dinamis inaktif, penataan, arsip teratur, Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Purworejo