REFORMULASI MISI, VISI, NILAI, DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RENCANA PENGEMBANGAN KOMPETENSI SEKOLAH TINGGI BAHASA ASING LIA YOGYAKARTA
DIAH NURKHASANAH, T. Hani Handoko, Dr., M.B.A
2019 | Tesis | Magister ManajemenSekolah Tinggi Bahasa Asing LIA Yogyakarta merupakan satu-satunya STBA yang ada di Yogyakarta. Saat ini, di usia yang ke delapan belas tahun, STBA LIA Yogyakarta masih mengalami miskonsepsi terkait dengan pengertian misi dan visi yang dibuat. Kesalahpahaman ini, membuat misi dan visi yang ada hanya bisa berperan sebatas slogan dan sulit untuk bisa terinternalisasi ke dalam diri anggota organisasi. Di tengah persaingan bisnis di industri pendidikan tinggi yang semakin ketat, untuk tetap bisa bersaing, STBA LIA Yogyakarta perlu merumuskan rencana strategis jangka panjang terkait dengan pengembangan organisasinya. Komponen dalam perencanaan strategis terdiri dari misi, visi, nilai dan juga rencana pengembangan kompetensi organisasi berdasarkan keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh organisasi. Menurut Campbell dan Yeung (1991), misi merupakan alat strategis organisasi sekaligus sebagai langkah awal untuk menentukan langkah-langkah strategik lain yang akan dipilih oleh organisasi agar bisa bersaing dalam industri. Misi dapat diartikan sebagai strategi bisnis sekaligus dapat diartikan sebagai filosofi dan etika dalam berbisnis. Ketiadaan pernyataan misi yang efektif akan membuat organisasi tidak memiliki kepastian terkait dengan posisi bisnis apa yang akan dicapai. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kegagalan bisnis. Dalam konteks organisasional, misi yang baik memiliki fungsi untuk menyatukan divisi-divisi di dalam organisasi, karena misi yang dibuat terbentuk dari budaya dan pemikiran para anggota organisasi. Hal ini akan tercermin dari nilai dan norma yang terkandung dalam sebuah misi yang akan memeengaruhi anggota organisasi untuk bertindak, bekerja, dan mencapai tujuan. Reformulasi misi, visi, dan nilai ini penting dilakukan untuk memberikan arahan strategik jangka panjang bagi organisasi termasuk menjadi landasan dalam merancang perencanaan pengembangan kompetensi organisasi STBA LIA Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode formulasi misi dan visi yang dikembangkan oleh Srinivasan (2014). Dengan adanya reformulasi misi, visi, dan nilai yang terinternalisasi ke dalam diri anggota organisasi, maka akan membangun sense of mission anggota organisasi STBA LIA Yogyakarta. Melalui reformulasi rencana strategik organisasi ini, manajemen STBA LIA Yogyakarta berharap organisasinya lebih bersemangat untuk bersaing dengan institusi pendidikan tinggi lain dan bisa berkembang semakin besar di masa yang akan datang.
Sekolah Tinggi Bahasa Asing LIA Yogyakarta is the one and only STBA in Yogyakarta. Now, at the age of eighteen, STBA LIA Yogyakarta still having misconception toward its mission and vision statement which stated. This misconception makes the mission and vision statement that are made are still limited as a slogan and it is difficult to be internalized into the members of the organization heart and mind. To remain competitive in the midst of increasingly fierce business competition, specially in the higher education industry, STBA LIA Yogyakarta needs to formulate a long-term strategic plan related to the development of its organization. Components in strategic planning consist of mission, vision, values and also organizational competency development plan based on competitive advantages possessed by the organization. Mission is the organization's strategic tool, as well as the first step to determine other strategic steps that will be chosen by the organization in order to compete the competitor in the industry. According to Campbell and Yeung (1991), Mission can be interpreted as a business strategy and it can be interpreted as a philosophy and ethics in doing business. The absence of an effective mission statement will make the organization have no certainty regarding to what business position will be achieved. This is one of the causes of business failure. In an organizational context, a good mission has a function to unite divisions within the organization since mission is formed from the culture and thoughts of the members of the organization. It will be reflected in the values and norms contained in a mission that will affect members of the organization to act, work, and achieve goals. Reformulation of mission, vision, and value is important to provide a long-term strategic direction for the organization, including to become a foundation in designing the STBA LIA Yogyakarta organizational competency development plans. This study uses mission and vision formulation method and process which developed by Srinivasan (2014). In addition, with the reformulation of the mission, vision, and values which internalized into the members of the organization, it will build a sense of mission for members of the STBA LIA Yogyakarta. Through the reformulation of the organization's strategic plan, the management of STBA LIA Yogyakarta hopes that the organization will be more eager to compete with other higher education institutions and it can grow bigger in the future.
Kata Kunci : Misi, Visi, Nilai, Rencana Pengembangan Kompetensi, Sense of Mission.