Laporkan Masalah

FORMULASI STRATEGI BERSAING PT REASURANSI INDONESIA UTAMA (PERSERO)/INDONESIARE PADA BISNIS ASURANSI MARINE

Astuti Andayani, Harsono, Dr., M. Sc.

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Terdapat dua tujuan dalam penelitian ilmiah ini, pertama penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi kondisi lingkungan idustri reasuansi baik dilingkungan eksternal maupun internal khussnya berkaitan dengan lini bisnis asuransi marine. Yang kedua merumuskan strategi bagi PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero)/IndonesiaRe dalam menghadapi persaingan reasuransi nasional terkait dengan bisnis asurnsi marine. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dekriptif yang bersumber dari data kualitatif yang bersumber dari wawancara tidak terstruktur dan data pendukung lain. Dengan menggunakan alat analisa lingkungan industri Poters Five Forces dan analisis lingkungan makro berdasarkan matriks PESTEL untuk mengidentifikasi faktor-faktor eksternal untuk menemukan Opportunity dan Threat. Analisis Value Chain dan VRIO digunakan dalam menganaslisa lingkungan internal dalam mengidentifikasi Strength dan Weakness IndonesiaRe. Hasil penilaian anlisis faktor internal dan eksternal diperoleh formulasi strategi fokus sebagai pilihan strategi bersaing yang tepat bagi IndonesiaRe agar dapat unggul di industri jasa reasuransi nasional. Lebih lanjut pilihan strategi fokus differentiation dapat diterapkan untuk melayani kebutuhan segmen pasar khususnya asuransi marine. Kata Kunci: Faktor Lingkungan Eksternal, Faktor Lingkungan Internal, Rumusan Strategi Bersaing, Reasuransi, Key Sucess Factor, Asuransi Marine.

There are two objectives in this scientific research, first, this study aims to identify the environmental conditions of the reinsurance industrial both in the external and internal environment especially in relation to the marine insurance business line. The second is to formulate a strategy for PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero)/IndonesiaRe in the face of national reinsurance competition related to the marine insurance business. The type of research used was descriptive research with qualitative data sourced from unstructured interviews and other supporting data. This research used the industrial environment analysis tool Porters Five Forces and macro environment analysis based on the PESTEL matrix to identify external factors to find Opportunity and Threat. Value Chain analysis and VRIO were also used in analyzing the internal environment in identifying the Strength and Weakness of IndonesiaRe. From the results of the analysis of internal and external factors, the strategy formulation for IndonesiaRe are focus strategy. Differentiation focus strategy can be select especially in the marine insurance business.

Kata Kunci : Faktor Lingkungan Eksternal, Faktor Lingkungan Internal, Rumusan Strategi Bersaing, Reasuransi, Key Sucess Factor, Asuransi Marine.

  1. S2-2019-376678-abstract.pdf  
  2. S2-2019-376678-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-376678-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-376678-title.pdf