Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK RITEL PT PUPUK KALIMANTAN TIMUR

ANITA DAMAYANTI, YULIA ARISNANI WIDYANINGSIH

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

PT Pupuk Kalimantan Timur (PT Pupuk Kaltim) menghadapi kondisi pelemahan pasar urea internasional dan persaingan yang ketat di pasar pupuk Indonesia, Pupuk Kaltim berupaya mengembangkan alternatif penjualan pupuk non-subsidi demi meningkatkan penjualan pupuk non-subsidi domestik sekaligus mempertahankan pasar domestik. Penelitian ini bertujuan mengindentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang menjadi pertimbangan pokok dalam menentukan strategi pemasaran produk ritel PT Pupuk Kaltim. Metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan kuesioner dengan pertanyaan terbuka kepada Manajemen dan Distributor besar di Indonesia. Berdasarkan hasil analisis diperoleh fakta bahwa dari sisi regulasi, pemerintah mengatur sektor industri pupuk untuk menghadapi persaingan dengan pupuk impor. Berdasarkan analisis SWOT diperoleh posisi posisi pengembangan Strategi Pemasaran Produk Ritel PT Pupuk Kalimantan Timur pada pemetaan analisis lingkungan strategis (lingkungan internal dan eksternal) berada pada kuadran pertama (I) atau pada posisi dynamic growth atau pada posisi strategi SO. Hal ini memberikan indikasi bahwa peluang Strategi Pemasaran Produk Ritel PT Pupuk Kalimantan Timur berada dalam keadaan sangat menguntungkan, dimana selain memiliki kekuatan yang lebih besar dari kelemahan juga memiliki peluang yang lebih besar dari pada ancaman yang ada. Posisi sebagai perusahaan pioneer yang membangun sistem penjualan pupuk ritel secara online, PT Pupuk Kalimantan Timur menerapkan strategi kepemimpinan biaya serta kualitas produk sebagai langkah strategis mendongkrak penjualan pemasaran ritel.

PT Pupuk Kalimantan Timur (PT Pupuk Kaltim) has been facing the weakening condition of the international urea market and competitive competition in the Indonesia fertilizer market, Pupuk Kaltim has been trying to develop a non-subsidized selling alternative in order to enhance number of non-subsidized sales performance and survive in domestic market. This research aims to identify, review, and analyze several faktors which are the fundamental aspect for determining the marketing strategy of PT Pupuk Kaltim retail products. The collection data method through opened-questionnaire and depth interview with management and distributor key player in Indonesia. Based on research findings that show the fact that from the regulation perspective, the government has been already regulating the fertilizer industry sector to face a tight competition with imported fertilizer. Refer to SWOT diagram, the study found that the position of alternative retail products of PT Pupuk Kaltim on mapping analysis of strategic environment (internal and external environment) is in the first quadrant (I) or in the dynamic growth position/SO Strategy position. It indicated that there is a huge opportunity for PT Pupuk Kaltim retail products or in a very favorable condition where besides having greater strength than weakness, it also has a greater opportunities rather than the threats. As a pioneer company that built a retail fertilizer online sales system, PT Pupuk Kalimantan Timur has been implemented cost leadership and product quality strategies as a strategic plan to boost retail marketing sales.

Kata Kunci : PT PUPUK KALIMANTAN TIMUR, STRATEGI PEMASARAN, RITEL

  1. S2-2019-402338-abstract.pdf  
  2. S2-2019-402338-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-402338-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-402338-title.pdf