Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BERSAING PT XYZ DALAM INDUSTRI HIBURAN DI INDONESIA

Dwi Tiastuti Sundari, Dr. HERRIS B. SIMANDJUNTAK, M.M.

2018 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Industri perfilman televisi merupakan sub sektor industri kreatif yang mengalami pertumbuhan dengan pesat. PT XYZ merupakan salah satu rumah produksi yang memproduksi sinetron, adanya peningkatan jumlah pemain dan jumlah tayangan membuat persaingan semakin ketat, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bersaing dengan melihat faktor lingkungan eksternal dan lingkungan internal dari PT XYZ di industri hiburan. Penelitian ini menggunakan metoda pengumpulan data melalui teknik wawancara dan observasi lapangan serta melakukan pengumpulan data sekunder. Penelitian menggunakan: analisis PESTEL, analisis five forces, analisis key success factor, analisis value chain, analisis strategic group mapping, serta menggunakan EFE matriks, IFE matriks, analisis SWOT, dan analisis strategi generik. Berdasarkan hasil penelitian, ancaman paling tinggi datang dari produk subsitusi. Banyaknya subsitusi seperti talk show, variety show, kuis, berita, dan infotainment merupakan pesaing terdekat dari sinetron. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis strategic group mapping, bahwa jarak antara perusahaan rumah produksi satu dengan lainnya berdekatan. Sehingga intensitas persaingan di industri menjadi tinggi antara sinetron dengan jenis program lainnya. PT XYZ disarankan untuk memfokuskan pengembangan bisnis dengan cara diferensiasi dengan mengembangkan film yang unik dan membangun ciri khas pada rumah produksi tersebut, serta melakukan perjanjian kontrak yang tepat pada sebuah stasiun televisi.

Television film industry is a creative industries sub-sector is experiencing rapid growth, PT XYZ is one of the production houses that produce sinetron, an increase in the number of players and the number of shows makes competition tighter, so this thesis aims to analyze competitive strategies by looking the external environmental factors and the internal environment of PT XYZ in the entertainment industry. This study uses data collection methods through interviewing and field observation techniques and conducting secondary data collection. Research uses: PESTEL analysis, five forces analysis, key success factor analysis, value chain analysis, strategic group mapping analysis, and using EFE matrix, IFE matrix, SWOT analysis, and generic strategy analysis. Based on the results of the study, the highest threat came from substitution product. The number of substitutions such as talk shows, variety shows, quizzes, news, and infotainment are the closest competitors to sinetron. This can be seen from the results of the strategic group mapping analysis, that the distance between the production house company is adjacent to each other. So that the intensity of competition in the industry becomes high between sinetron and other types of programs. PT XYZ recommended to focuses on business development by means of differentiation by developing unique films and building distinctive characteristics of the production house, as well as making contractual agreements right on a television station.

Kata Kunci : strategi bersaing, industri hiburan, PESTEL, Porter�s five forces, value chain, EFE matriks, IFE matriks, analisis SWOT.

  1. s2-2018-376117-abstract.pdf  
  2. s2-2018-376117-bibliography.pdf  
  3. s2-2018-376117-tableofcontent.pdf  
  4. s2-2018-376117-title.pdf