Laporkan Masalah

ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA BPR WIJAYAMULYA SANTOSA

PRATAMA ADIPUTRA I, Neni Pancawati, Dra, M.Si.

2018 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN

Studi ini meneliti analisis SWOT pada BPR Wijayamulya Santosa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis SWOT yang terdiri dari kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunity) dan ancaman (Threat) BPR Wijayamulya Santosa untuk menetapkan strategi yang tepat sehingga kehadiran bisa mendapat respon positif dari masyarakat dan produk serta layanan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode observasi selama satu bulan dan wawancara dengan 2 informan yang terdiri dari Direktur BPR Wijayamulya Santosa dan Ketua Bagian Pemasaran BPR Wijayamulya Santosa. Berdasarkan hasil analisis, BPR Wijayamulya Santosa menempati diagram SWOT di kuadran 1, yaitu SO (Strength Opportunity) sehingga perusahaan dapat memaksimalkan kekuatan perusahaan dengan peluang yang dimilikinya. Strategi yang sejalan dengan kondisi BPR Wijayamulya Santosa berdasarkan Segmentasi, Targetting, Positioning, dan Marketing Mix adalah dengan memperluas pangsa pasar, meningkatkan strategi jemput bola, memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi, meningkatkan kualitas layanan, memaksimalkan pengembangan teknologi .

This study examines SWOT analysis on BPR Wijayamulya Santosa. The purpose of this study was to find out the SWOT Analysis consisting of strengths, weaknesses, opportunities and threats of BPR Wijayamulya Santosa to establish the right strategies so that their presence could get a positive response from the community and products and services offered are in accordance with the needs and desires of the community. In this study, researchers used a month-long observation method and interviews with 2 informants consisting of the Director of BPR Wijayamulya Santosa and Chair of the Marketing Section of BPR Wijayamulya Santosa. Based on the results of the analysis, BPR Wijayamulya Santosa occupies the SO diagram (Strength Opportunity) so that the company can maximize the strength of the company with the opportunities it has. Strategies that are in line with the conditions of BPR Wijayamulya Santosa based on Segmentation, Targeting, Positioning, and Marketing Mix are by expanding market share, improving ball picking strategies, utilizing social media as a means of promotion, improving service quality, maximizing technological development.

Kata Kunci : Analisis SWOT, kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (threat), Marketing Mix, Segmentasi, Targetting, Positioning.

  1. D3-2018-384556-abstract.pdf  
  2. D3-2018-384556-bibliography.pdf  
  3. D3-2018-384556-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2018-384556-title.pdf