Analisis Pengaruh Dimensi Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Warung Lesehan Mbak Lis
AZHAR ABDUL FATTAH, Dra. Neni Pancawati M.Si
2018 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMENPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian. Word of mouth (WOM) atau komunikasi dari mulut ke mulut adalah upaya memberikan alasan agar orang berbicara tentang merek baik itu produk maupun jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi word of mouth (wom) communication terhadap keputusan pembelian di Warung Lesehan Mbak Lis. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya dan diambil sebanyak 80 responden. Pengumpulan sampel dilakukan dengan teknik non probability sampling dan menggunakan pendekatan teknik sampling aksidental. Penelitian ini menggunakan 2 butir Variabel, yakni word of mouth dan keputusan pembelian. Penelitian Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji-t, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier sederhana, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil nilai korelasi R sebesar 0.411 word of mouth. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa word of mouth memiliki pengaruh sebesar 0,169 atau 16,9 % terhadap keputusan pembelian konsumen di Warung Lesehan Mbak Lis.
This study aims to explain the influence of mouth on purchasing decisions. Word of mouth (WOM) or word of mouth communication is an attempt to give reasons for people to talk about brands, both products and services. This study aims to analyze the influence of the dimensions of word of mouth (wom) communication on purchasing decisions at Warung Lesehan Mbak Lis. This research is a survey research using a questionnaire as an instrument and taken as many as 80 respondents. Sample collection is done by non probability sampling technique and uses accidental sampling technique approach. This study uses 2 variables, namely word of mouth and purchasing decisions. Research Analytical methods used are validity test, reliability test, t-test, classical assumption test, simple linear regression analysis test, and determination coefficient test (R2). The results of the R correlation value are 0.411 word of mouth. The results of this study indicate that word of mouth has an effect of 0.169 or 16.9% on consumer purchasing decisions at Warung Lesehan Mbak Lis.
Kata Kunci : Word of Mouth, Keputusan Pembelian